Begini Cara Mengasuransikan Mobil Bekas Secara Kredit
Ilustrasi. (Foto: Dok. Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki kendaraan dianggap merupakan salah satu kebutuhan yang kini hampir di seluruh rumah ditemukan, termasuk kendaraan roda empat. Mengingat tanpa mobil, aktivitas sehari-hari menjadi lebih sulit dan tidak terlalu leluasa.

Dengan pentingnya keberadaan mobil, banyak orang yang mengusahakan supaya bisa memiliki mobil meski dengan dana yang terbatas. Meski begitu, memiliki kendaraan roda empat tentu saja harus sadar pentingnya memproteksi dengan asuransi mobil.

Jika Anda tak ingin terjerat riba, bisa memilih asuransi syariah mobil karena sudah sesuai dengan syariat Islam. Contoh produk asuransi syariah terbaik di Indonesia adalah asuransi mobil syariah Takaful, otomate syariah ACA, Garda Oto, dan Chubb Syariah.

Sementara itu, bagi masyarakat yang khawatir akan masalah dana, pemerintah sudah menyediakan layanan berupa kredit. Dengan menggunakan kredit, baik kredit mobil syariah dan konvensional, Anda bisa membeli mobil bekas dengan harga yang lebih terjangkau.

Meski mobil bekas, banyak orang memilih membeli mobil dengan kredit karena nilai barang yang semakin lama semakin turun. Membeli mobil secara kredit memang disarankan untuk mereka yang memiliki keterbatasan dana, tetapi perlu diperhatikan masalah asuransinya.

Pada umumnya, perusahaan pemberi kredit akan menyertai asuransi pada mobil yang dibeli. Ini dilakukan supaya mobil tersebut ada jaminan pelindung selama masih masa kreditnya.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipahami saat membeli mobil dengan cara kredit.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan pada Asuransi Mobil Kredit

Pastikan Jenis Tanggungan Asuransi Mobil Kredit Adalah All Risk

Saat Anda membeli mobil bekas dengan kredit, biasanya perusahaan leasing akan memasukkan paket asuransi mobil, sehingga Anda tidak perlu lagi memilih jenis asuransinya. Anda tinggal DP dan cicilannya.

Nah, jika sudah seperti ini, harga beli pastinya akan lebih mahal jauh dari perkiraan kita. Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa meminimalkan pengeluaran?

Inilah pentingnya untuk memahami jenis asuransi mobil kredit yang akan Anda beli. Mulai dari harga hingga kondisi dan kualitas mobil. Pastikan tidak ada masalah dengan mesin mobilnya.

Pastikan juga bahwa mobil yang Anda beli itu bisa menutup semua risiko ataupun kerugian apa pun nantinya, sehingga Anda tidak akan keluar modal terlalu banyak saat di tengah jalan.

Pada intinya, meski harga lebih terjangkau, jangan sampai Anda tidak berpikir ulang mengenai penawaran kredit mobil tersebut.

Perhatikan Apabila Bunga 0 Persen

Tidak membayar bunga adalah hal paling menguntungkan, dan semua orang pasti menginginkannya. Meskipun terdengar banyak keuntungan, bukan berarti Anda tidak perlu mengecek atau berpikir ulang ketika menerima penawaran kredit mobil ini.

Mungkin tertulis 0 persen, tetapi bisa saja biaya yang dipotong itu malah dibebankan ke komponen lain. Jadi, harus cermat dalam memilih penawaran ini.

Cermati Biaya Kredit Mobil dengan Promo yang Ditawarkan

Jangan sampai cepat tergiur dengan tawaran-tawaran di pasaran. Pastikan bahwa promo yang ditawarkan itu memang layak Anda beli dan setara dengan kualitas layanan kredit mobilnya.

Sebagai pembeli, sudah sepatutnya Anda menjadi pemilih dalam tawaran-tawaran yang diberikan. Anda bisa melakukan ini dengan melihat review orang-orang terhadap promo tersebut.

Cermat dalam Memilih Tipe Asuransi Mobil

Tipe asuransi kendaraan terbagi dua, ada all risk dan Total Loss Only (TLO). Keduanya memiliki layanan yang berbeda, dengan harga yang berbeda pula.

TLO lebih murah karena hanya akan mengcover kerugian lebih besar 75 persen dari nilai kendaraan. Ini seperti kasus pencurian atau mobil rusak parah. Lain halnya dengan all risk yang akan siap menutupi kerugian apa pun pada kendaraan mobil.

Untuk memilih antara kedua jenis asuransi ini, sebaiknya pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan juga bujet Anda. Keduanya sama-sama memiliki keuntungan dan kekurangan yang berbeda.

Lebih Baik Memilih TLO atau All Risk untuk Mobil Bekas?

Sebenarnya ini tergantung kebutuhan dan juga keinginan. Namun, apabila Anda ingin lebih hemat, pilihlah TLO untuk memilih mobil bekas. Ini karena TLO hanya akan menjamin mobil yang sudah rusak parah atau dicuri, sehingga biaya yang akan keluar pun tidak akan banyak, mengingat mobil yang dibeli juga mobil bekas.

Carilah perusahaan asuransi yang memberikan harga murah, tetapi dengan manfaat lebih. Meskipun zaman sekarang sulit sekali untuk mencari yang murah, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.