Tahun 2022 Baru Separuh Jalan, Jumlah Investor Pasar Modal Indonesia Bertambah 1,57 Juta SID
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Jumlah investor di pasar modal Indonesia terus meningkat. Pada tahun ini hingga Juni, pertumbuhannya bahkan semakin pesat.

Seperti disampaikan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi dalam keterangannya, dikutip Selasa 28 Juni. Inarno apresiasi kepada seluruh pihak, sehingga dapat terciptanya tonggak pencapaian baru seperti jumlah investor pasar modal Indonesia yang hingga hari ini sudah melampaui 9 juta investor.

"Jumlah investor pasar modal telah meningkat lebih dari 1,57 juta single investor identification (SID) atau 21 persen dari tahun sebelumnya," kata Inarno mengungkapkan.

Lebih menarik, dari total jumlah investor pasar modal Indonesia tersebut, sebanyak 81,74 persen di antaranya, didominasi oleh investor muda.

Di sisi lain, jumlah investor saham juga mengalami peningkatan menjadi 3,99 juta SID per 24 Juni 2022 atau bertambah lebih dari 536 ribu SID atau 15,6 persen dari tahun sebelumnya.

Inarno mengatakan beberapa tonggak pencapaian di pasar modal Indonesia tersebut diraih berkat dukungan, kolaborasi, dan sinergi yang baik antara OJK, Self-Regulatory Organization (SRO) serta seluruh stakeholders pasar modal Indonesia.

Sampai dengan tengah tahun 2022, telah terlaksana 3.893 kegiatan edukasi pasar modal di seluruh Indonesia yang diikuti oleh 312.906 peserta. Sebagian besar kegiatan ini diadakan dengan dukungan dari Galeri Investasi BEI di seluruh Indonesia yang saat ini sudah berjumlah 702.