Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini IICD kembali memberikan penghargaan kepada emiten-emiten yang telah mengimplementasikan praktek-praktek tata kelola perusahaan yang baik (GCG) pada tahun sebelumnya dan tidak terkait kasus serius yang bertentangan dengan prinsip-prinsip GCG pada acara “The 13th IICD Corporate Governance Awards”.

Pemberian apresiasi kepada para emiten dengan praktek CG terbaik (BigCap & MidCap) dibagi menjadi 10 kategori, yaitu: Best CG Overall, Best Financial Sector, Best Non-Financial Sector, Best SOE/BUMN, Best Right of Shareholders, Best Equitable Treatment of Shareholders, Best Role of Stakeholders, Best Disclosure & Transparency, Best Responsibility of the Boards, Most Improved, yang diumumkan pada puncak acara awards Jumat, 27 Mei di Ball Room Financial Hall, 2nd Floor, Jakarta.

Penilaian dilakukan kepada 200 emiten dengan market kapitalisasi terbesar dan menengah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, di mana dalam melakukan penilaian pihak IICD membagi menjadi 2 kelompok, yaitu 100 emiten dengan market kapitalisasi terbesar (Big Cap) dan 100 emiten dengan market kapitalisasi menengah (MidCap), yang didukung oleh 10 asesor.

Adapun pengunaan metode penilaian berdasarkan Asean CG Scorecard. Hasil penilaian terhadap 200 emiten ini dipaparkan oleh Dr. James Simanjuntak setelah pembukaan “The 13th IICD Corporate Governance Awards” hari ini.

Sigit Pramono, Chairman IICD dan IIPG menyampaikan sambutan saat acara IICD CG Awards.

“Puncaknya pada hari ini, kami mengumumkan dan memberikan penghargaan kepada 50 emiten BigCap dan 50 emiten MidCap yang sebelumnya akan di umumkan Top 50 perusahaan dengan praktek tata kelola yang baik untuk kedua kelompok tersebut,” jelasnya.

Dalam acara IICD CG Awards yang diselenggarakan secara offline tersebut, turut hadir mantan Wakil Presiden RI, Boediono yang menyampaikan closing remarks sebelum dibacakannya pengumuman di setiap kategori baik di BigCap maupun MidCap.

Acara IICD CG Awards diselengarakan dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah, dimana panitia serta seluruh tamu undangan yang hadir pada acara hari ini, menjaga jaga jarak, memakai masker serta telah disediakan hand sanitizer di beberapa tempat.