15 Bandara Angkasa Pura I Layani 2,48 Juta Penumpang Selama Periode Angkutan Lebaran 2022, Terbanyak dari Bandara Juanda Surabaya
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat pergerakkan 2,48 juta penumpang pesawat di 15 bandara kelolaannya selama periode angkutan Lebaran 2022. Jumlah pergerakan penumpang pada periode Angkutan Lebaran tahun ini mengalami peningkatan hingga 359 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya yakni 531.268.

Sementara, trafik penerbangan mencapai 21.441 pergerakan. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, trafik penerbangan juga mengalami peningkatan hingga 200 persen.

"Pergerakan trafik penumpang dan penerbangan pada periode Angkutan Lebaran tahun ini sendiri lebih tinggi 5 persen dan 9 persen dari prediksi dimana kami memperkirakan melayani 2,36 juta penumpang dan 19.579 pergerakan pesawat di 15 bandara yang kami kelola," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, Rabu, 11 Mei.

Adapun tiga bandara Angkasa Pura I yang melayani penumpang dan pesawat tertinggi selama periode Angkutan Lebaran, yaitu Bandara Juanda Surabaya yang melayani hingga 553.347 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 3.981 pergerakan pesawat.

Kemudian, disusul Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang melayani hingga 503.882 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 3.641 pergerakan pesawat. Lalu, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang melayani hingga 475.142 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 3.743 pergerakan pesawat.

Faik mengatakan, selama periode Angkutan Lebaran Angkasa Pura I setidaknya menerima sebanyak 1.378 rencana extra flight dengan realisasi mencapai 1.005 extra flight atau mencapai 73 persen.

"Dengan adanya data ini menunjukkan bahwa transportasi udara masih menjadi pilihan moda transportasi utama bagi masyarakat untuk mudik di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang lebih cepat, aman dan sehat," katanya.

Sedangkan untuk tingkat ketepatan waktu atau on time performance (OTP), rata-rata OTP di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I selama periode Angkutan Lebaran mencapai 67,07 persen atau melampaui rata-rata OTP harian yang mencapai 61,81 persen.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel insan Angkasa Pura I dan seluruh stakeholders terkait di bandara yang telah mendukung penerbangan selama periode Angkutan Lebaran berjalan lancar, aman, sehat dan mencatatkan zero accident dari hari pertama hingga hari penutupan Posko Angkutan Lebaran Terpadu," tuturnya.