Subholding Gas Pertamina Dukung Festival Balkonjazz di Balkondes PGN
Kawasan Balkondes PT PGN Tbk di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. ANTARA/HO-PT PGN Tbk

Bagikan:

JAKARTA - PT PGN Tbk, selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero), mendukung gelaran festival musik dan UMKM, Balkonjazz Festival di area Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu 14 Mei.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, 24 April mengharapkan festival tersebut akan mendukung program pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat, industri wisata, hiburan kreatif, kampanye vaksinasi nasional, sekaligus mengawali geliat kegiatan pada masa endemi.

"Balkonjazz Festival ini menjadi bagian dari pelaksanaan komitmen ESG di Pertamina Group untuk mengembangkan ekonomi masyarakat yang mandiri dan ramah lingkungan, serta mendukung program pemerintah dalam mengembangkan destinasi pariwisata superprioritas Borobudur," ujarnya dilansir Antara.

Dengan tagline "Energy That Heels", Balkonjazz Festival akan menggabungkan antara festival musik dan produk UMKM yang digelar di area Balai Ekonomi Desa (Balkondes) PGN Karangrejo.

Beberapa artis nasional dijadwalkan tampil di antaranya Kahitna, Pamungkas, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggiani, Coldiac, dan Megantoro. Pagelaran ini diharapkan menjadi pemantik dalam mempromosikan potensi ekonomi lokal khususnya di sekitar Balkondes PGN Karangrejo dengan menumbuhkan ekonomi warga.

"Promotor juga menghadirkan Pasar Balkon sebagai identitas yang telah melekat dengan Balkonjazz Festival. Pasar ini diperuntukkan dan dikelola secara khusus untuk menjual semua hasil produksi masyarakat lokal," tambah Rachmat.

Pengalaman di Balkonjazz 2019 membuktikan Pasar Balkon mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Testimoni para pengampu Pasar Balkon 2019 juga telah menunjukkan tren positif dengan hampir semua produk habis terjual pada hari pelaksanaan Balkonjazz.

Tersedia beberapa tiket dari kelas Festival, Regular Festival A+, Regular Festival B+, hingga VIP yang bisa didapatkan melalui kanal Loket.com.

"Dengan tagline 'The Energy That Heels', Balkonjazz Festival di Gasblock Balkondes PGN Karangrejo dapat memancarkan pengaruh positif, memberikan penghiburan, membangkitkan optimisme dan menyembuhkan keterpurukan yang telah kita hadapi selama pandemi di hampir dua tahun terakhir ini. Termasuk, membawa kebermanfaatan bagi masyarakat luas untuk terus bergerak dan maju dari situasi pandemi," ujar Rachmat.

Bakkar Wibowo, selaku Founder Balkonjazz Festival dan Sinergi Live, menjelaskan Balkonjazz Festival merupakan salah satu ikhtiar dalam industri kreatif khususnya seni pertunjukan untuk ikut serta berkontribusi secara ekonomi kemasyarakatan secara nyata.

Ia percaya dengan tetap meletakkan kreativitas dan inovasi akan mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Di era yang serba cepat dan modern saat ini, kami berupaya membuka ruang sebesar-besarnya untuk berkolaborasi dengan entitas lain, khususnya yang punya komitmen terhadap perkembangan ekonomi lokal dan gerakan sosial masyarakat. Apalagi Balkonjazz ini bisa kembali digelar setelah dua tahun off akibat pandemi," kata Bakkar.

Rachmat menambahkan baru-baru ini, PGN meresmikan Gasblock di kawasan Balkondes PGN Karangrejo.

"Gasblock merupakan ikon terbaru dari Balkondes PGN Karangrejo sebagai perwujudan interaksi dan kolaborasi energi baik gas bumi yang ramah lingkungan, serta Desa Energi PGN yang unik, asri, dan kaya akan budaya Indonesia," ujarnya.

Gasblock dapat menjadi destinasi wisata yang memadukan antara indahnya bentangan persawahan di bawah bukit Menoreh dengan restoran berkelas di tengah persawahan dekat Candi Borobudur.

Wisata Gasblock menambahkan beberapa fasilitas baru untuk meningkatkan kenyamanan dan menarik minat wisatawan, serta menyajikan pemandangan persawahan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung sambil berswafoto.