Resmikan RS Otak dan Jantung di Makassar, Erick Thohir: Momentum Wujudkan Ketahanan Kesehatan
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir baru saja meresmikan Rumah Sakit Otak dan Jantung (RSOJ) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Erick mengapresiasi kerja keras holding rumah sakit (RS) BUMN, Pertamedika IHC, yang berhasil menuntaskan pembangunan RSOJ pertama di Indonesia Timur.

Rumah sakit yang diberi nama Rumah Sakit Pertamina Royal Biringkanaya ini, kata Erick, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan kesehatan di Indonesia.

"Rumah Sakit Pertamina Royal Biringkanaya merupakan langkah besar Pertamedika IHC sebagai holding RS BUMN dalam meningkatkan ketahanan kesehatan nasional dengan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia Timur," ujar Erick dalam peresmian RSOJ pada Rabu, 30 Maret.

Lebih lanjut, Erick mengatakan pembangunan rumah sakit yang seluruh standar pelayanan dan fasilitasnya bertype B ini diselesaikan dalam waktu 8 bulan sejak Juli 2021.

RSOJ ini, ucap Erick, menempati lahan seluas 5.705 meter persegi dengan luas bangunan 11.389 meter persegi yang terdiri dari satu bangunan utama dan satu bangunan pendukung.

Erick juga menjelaskan RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya berada di lokasi strategis yang merupakan daerah pengembangan baru kota Makassar dan berjarak hanya sekitar 8 Kilometer dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Ini semakin memberikan kemudahan bagi berbagai lapisan masyarakat baik dari dalam maupun luar negeri untuk datang berobat," ucap Erick.

BUMN berkomitmen dalam memperbaiki sektor kesehatan dengan menghadirkan pelayanan kesehatan dengan standar yang terbaik. Hal tersebut berangkat dari fakta bahwa sekitar 600 ribu masyarakat

Indonesia selama ini berobat ke luar negeri.

Lebih lanjut, Erick mengatakan bahwa angka kunjungan masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri mengalami penurunan drastis lantaran adanya pandemi COVID-19. Karena itu, kata Erick, kondisi ini harus menjadi momentum dalam memperbaiki standar pelayanan kesehatan.

"Tujuannya agar masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri," katanya.

Selain di Makassar, Erick berencana mendirikan RSOJ di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Meski begitu, ia akan melihat lokasinya terlebih dahulu sebelum merealisasikan pembangunan RS otak dan jantung tersebut.