Pertamina: Masyarakat Indonesia Antusias Menonton MotoGP Pertamina Grand Prix Secara Langsung
Ilustrasi (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengklaim bahwa masyarakat Indonesia sangat antusias untuk menonton langsung gelaran olahraga balapan sepeda motor MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia, di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tak hanya warga setempat, masyarakat dari daerah lain juga berdatangan ke Lombok untuk turut menjadi saksi sejarah digelarnya ajang balapan internasional sekelas MotoGP digelar di Indonesia.

Klaim tersebut diantaranya didasarkan pada ludes terjualnya suvenir acara berupa kaus bergambar Pertamina Mandalika International Circuit yang dijajakan di Bandara Internasional Lombok.

"Kami berupaya maksimal untuk memberikan suasana kegembiraan dan keseruan dalam perhelatan MotoGP yang baru kembali dilaksanakan di Indonesia sejak 25 tahun lalu," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, dalam keterangan resminya, sebagaimana dilansir Antara, Sabtu, 19 Maret.

Sebagai sponsor utama, menurut Fajriyah, Pertamina juga telah membuka gerai khusus di sekitar kawasan sirkuit yang menjual suvenir resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia sambil menyampaikan informasi terkait dengan produk-produk Pertamina, seperti Pertamax Turbo, pelumas Enduro, dan aplikasi MyPertamina.

Tak hanya berjualan secara komersial, Pertamina juga menghadirkan mural di lorong jalan sisi utara dan selatan sirkuit, yang merupakan hasil kolaborasi bersama 50 seniman, baik dari Nusa Tenggara Barat maupun kota-kota lain di Indonesia.

Para seniman tersebut tergabung dalam komunitas grafiti terbesar di Asia, yakni Gardu House, Darbotz, dan Stereoflow, yang secara bersama-sama mengerjakan karya seni ini dalam 14 hari sebelum perhelatan MotoGP dimulai.

"Kami ingin membangun nuansa yang meriah di sirkuit. Selain itu, (mural) ini adalah bentuk dukungan dan kolaborasi dengan kalangan seniman, baik dari NTB dan juga daerah-daerah lain, dalam perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia," tutur Fajriyah.

Dukungan penuh Pertamina ini, lanjut Fajriyah, tak lepas dari instruksi Presiden Joko Widodo terkait upaya pengembangan lima destinasi pariwisata super prioritas, yang salah satunya adalah Lombok, NTB, dengan Sirkuit Mandalika-nya ini. "Pertamina bersinergi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang merupakan sesama BUMN untuk mendukung pengembangan Sirkuit Internasional Mandalika," tegas Fajriyah.