Heboh Kekayaan Juragan99, Siapa Kaji Edan alias Onny Hendro Adiaksono Pengusaha yang Pernah Punya 19 Persen Saham di Perusahaan Milik Anak Usaha BUMN
Kaji Edan alias Onny Hendro Adiaksono. (Foto: Twitter @kajiedan08)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari belakangan ini, nama Kaji Edan tengah viral di media sosial. Sosok yang diketahui bernama Onny Hendro Adiaksono tersebut diduga menjadi orang yang berperan di balik kekayaan Crazy Rich Malang, Gilang Widya Pramana alias Juragan99.

Viralnya nama Kaji Edan dilatarbelakangi unggahan Instastory Nikita Mirzani yang mempertanyakan dari mana asal kekayaan Juragan99. Seleb yang biasa disapa Nyai tersebut mengaku heran dengan cepatnya Gilang Widya Pramana meraih kesuksesan berbisnis.

"Orang bisa kaya raya dalam waktu kurang dari 5 tahun. Dengan pengeluaran 20 kali lipat dari pemasukan? Belum lagi belanjanya, show off-nya, bayar BA-nya dan lain-lain."

"Kalau ngomongin soal keuntungan skincare, slim dan segala produk kecantikan, saya ada hitungan konkritnya karena saya juga berbisnis di situ," tulis Nikita di Instastory @nikitamirzanimawardi_172.

Nikita juga mempertanyakan asal uangnya. Ia sampai menyinggung pencucian uang dan pesugihan.

"Pertanyaannya, duit darimana kemewahan yang ditunjukkan di media sosial tersebut? Money laundry kah atau dari jin penunggu Bantar Gebang? Money laundry itu uang apa sih? Itu uang rakyat."

Bahkan Nikita menyenggol soal YouTube. Menurutnya, penghasilan YouTube tidak seberapa, dan belum lagi sosok Gilang dan Shandy Purnamasari bukan artis yang harus diperlihatkan kesehariannya.

"Yang lebih lucunya lagi, katanya sultan. Mobil banyak, rumah mewah, jam tangan RM berbiji-biji punya banyak, yang 1 punya PJ. Tapi masih sempet bikin YouTube. Duit YouTube kan nggak seberapa. Dan kalian bukan artis deh (emoji) Harus banget dikasih lihat kesehariannya? Apa gimana sih, kasih tahu deh."

Nikita kemudian menjabarkan pengeluaran yang harusnya dikeluarkan.

"Coba hitung. Bikin pabrik berapa? Gedung harganya berapa? PJ berapa? Helikopter berapa? Bikinbank berapa? Bikin cluster berapa? Beli mobil mewah berapa? Tas mewah berapa? Jangan tangan mewah berapa? Bayar BA berapa? Dan masih banyak lagi hahahahaha."

Unggahan Instastory ini akhirnya dijawab oleh pemilik akun Twitter @XIXdgmbxXIX. Menurutnya, kekayaan Juragan99 berasal dari Kaji Edan alias Onny Hendro Adiaksono.

"Kalo lo mau tahu duit dari mana tuh Juragan 99. Lo tanya Kaji Edan. Private Jet 99 itu atas nama Kaji Edan," tulis @XIXdgmkXIX.

VOI pun mencoba menelusuri rekam jejak Kaji Edan. Didapati, Onny Hendro Adiaksono alias Kaji Edan adalah seorang pengusaha yang pernah mempunyai saham cukup besar, yakni 19 persen, di salah satu perusahaan properti, yakni PT Pekanbaru Permai Propertindo (PPP).

Meski demikian, kepemilikan 19 persen saham di PPP tersebut akhirnya diambil alih oleh PT PP Properti Tbk (PPRO) selaku pengendali. Melansir keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), PPRO resmi menggenggam 100 persen saham PPP per 2 Agustus 2021.

"Bahwa setelah dilakukan penyesuaian modal disetor sebagaimana termuat dalam poin 1 di atas, PT PP Properti Tbk selaku pemegang saham 72 persen saham PPP dengan ini melakukan pembelian saham PPP atas 28 persen yang dimiliki pemegang saham lain," tulis manajemen PPRO.

Memiliki dua transaksi, pembelian PPRO dari PT Dwimatra Mandiri yakni sebanyak 5.920.894.155 saham atau setara dengan 9 persen kepemilikan saham dalam PPP, dengan nominal transaksi sebesar Rp3,49 miliar.

"Pembelian saham H. Ir. Onny Hendro Adiaksono sebanyak 12.732.639.711 saham atau setara dengan 19 persen kepemilikan saham dari PPP dengan nominal transaksi sebesar Rp7,50 miliar," tulis perseroan.

Dengan transaksi yang dilakukan perseroan, PPRO saat ini menjadi pemegang saham pengendali PPP dengan 100 persen kepemilikan saham. Sumber dana yang digunakan PT PP Properti Tbk adalah kas perseroan.

Tujuan transaksi ini dilakukan ialah perluasan wilayah lahan (landbank) PPP di Pekanbaru, Riau untuk pengembangan unit usaha sesuai kebutuhan pasar saat ini.

Hal kedua yakni melakukan optimalisasi bidang usaha hotel (hospitality) yang saat ini dijalankan PPP dan merupakan salah satu lini bisnis PPRO.

Pengambilanalihan saham PPP oleh PT Properti Tbk dicatat dalam buku perseroan, akan terkonsolidasi dengan laporan keuangan PT PP Properti Tbk. Selain itu hal tersebut juga turut memperluas pengembangan bisnis PT Properti Tbk di bidang residensial dan hospitality.

Sebagai informasi, PP Properti adalah anak usaha dari PT PP (Persero) Tbk, BUMN yang bergerak di bidang investasi dan properti.