PLN Gencarkan Pengadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Sulawesi
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. (Foto: Dok. PLN)

Bagikan:

JAKARTA - PT PLN (Persero) mengoperasikan dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Palu, Sulawesi Tengah. Dengan pengoperasian dua SPKLU ini, PLN telah mengoperasikan lima SPKLU di wilayah tersebut.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara (Sulmapana), Adi Priyanto mengungkapkan, tahun ini ditargetkan akan ada tambahan tiga SPKLU lagi beroperasi di Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Menurutnya, langkah PLN memasifkan SPKLU ini merupakan komitmen PLN terhadap Peraturan Presiden terkait Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai serta sebagai upaya untuk dapat berkontribusi pada pengurangan emisi karbon di Indonesia.

"Dengan diresmikannya dua SPKLU ini diharapkan pengguna kendaraan listrik di Kota Palu semakin meningkat, sehingga dapat mendukung mata rantai ekosistem energi terbarukan yang tengah dikembangkan di Indonesia," ucap Adi, dikutip Kamis 10 Maret.

Ia merinci, kedua SPKLU yang telah diresmikan ini memiliki tipe Fast Charging dengan lokasi berada di dua titik yaitu di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah dan di Kantor PLN UP3 Palu

"Untuk SPKLU yang berlokasi di kantor PLN UP3 Palu ini terpasang dengan kapasitas 60 kW dan 22 kW, sementara untuk yang di kantor Gubernur Sulawesi Tengah terpasang dengan kapasitas 30 kW," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki menjelaskan SPKLU yang diresmikan telah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile.

"Pada aplikasi PLN Mobile kini sudah tersedia menu SPKLU yang terkoneksi dengan aplikasi Charge.in, sehingga dapat memudahkan masyarakat pelanggan pengguna kendaraan listrik dalam mencari lokasi SPKLU terdekat serta lebih praktis dalam proses transaksi," ujar Basuki.