Berkah Jualan Menara, Indosat Berbalik Laba Rp6,75 Triliun Setelah Rugi Rp716,7 Miliar
Indosat Ooredoo. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Indosat Tbk punya modal penting untuk mengembangkan bisnisnya setelah menggabungkan usaha dengan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I). Perseroan baru saja menutup keuangan tahun 2021 dengan catatan laba hingga Rp6,75 triliun.

Pencapaian tersebut tentu saja istimewa mengingat pada 2020, Indosat masih membukukan kerugian hingga Rp716,7 miliar.

"Perolehan laba bersih merupakan hasil keuntungan bersih dari jual dan sewa balik menara, kinerja topline yang gemilang serta optimalisasi biaya yang dilakukan secara kontinu," tulis manajemen Indosat, Selasa 22 Februari.

Secara rinci, kinerja keuangan Indosat juga dikontribusikan segmen selular dan segmen enterprise. Sehingga total pendapatan naik sebesar 12,4 persen menjadi Rp31,39 triliun.

Selain itu, EBITDA juga meningkat menjadi Rp13,89 triliun atau naik sebesar 21,4 persen, yang merupakan kombinasi dari pertumbuhan top line dan optimalisasi biaya yang terukur.

Di sisi lain, EBITDA margin mencapai 44,2 persen pada tahun 2021.

Dari sisi operasional, Indosat mengungkapkan, jumlah pelanggannya meningkat 4,4 persen menjadi 62,9 juta pelanggan pada tahun 2021. Menurut manajemen, catatan itu sebagai hasil dari strategi jangka panjang dalam penawaran produk yang sederhana, relevan, dan transparan serta investasi pintar pada jaringan.

Seperti diketahui, pada 4 Januari 2022, Indosat dan H3I sepakat untuk menggabungkan diri. Melalui aksi ini, Indosat menjadi dimana perusahaan penerima penggabungan dan H3I statusnya berakhir karena hukum (penggabungan usaha).

Penggabungan Indosat Ooredoo dan H3I akan menyatukan dua bisnis yang saling melengkapi untuk menciptakan sebuah perusahaan telekomunikasi digital dan internet yang lebih besar dan lebih kuat secara komersial, serta dapat memberikan nilai tambah kepada seluruh pemegang saham, pelanggan, dan masyarakat Indonesia.

Perusahaan gabungan akan memiliki skala, kemampuan keuangan, dan keahlian untuk bersaing dengan lebih efektif. Penggabungan aset dan produk dari Indosat Ooredoo dan H3I yang saling melengkapi akan mendorong inovasi dan pengembangan jaringan yang akan memungkinkan layanan digital terbaik dan perluasan tawaran produk bagi pelanggan di berbagai pelosok Indonesia.