Bagikan:

JAKARTA - Distributor sepeda merek Genio Bike, United Bike dann Avand Bicycles PT Sepeda Bersama Indonesia (SBI) tengah bersiap melepas saham ke publik melalui menanisme penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

Mengutip dokumen penawaran yang dirilis, Senin, 14 Februari, SBI akan melepas 323,33 juta saham atau 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan. Kisaran harga yang ditawarkan Rp160 per saham hingga Rp170 per saham.

Dari perkiraan harga itu, SBI bisa meraup dana Rp51,73 miliar hingga Rp54,97 miliar.

Menurut manajemen SBI, seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan dipergunakan seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja, berupa pembelian persediaan barang perseroan.

Bersamaan dengan IPO ini, perseroan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 161,67 juta Waran Seri I. Waran Seri I diberikan kepada setiap pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada Tanggal Penjatahan secara cuma-cuma dengan ketentuan bahwa setiap pemegang dua saham yang namanya tercatat dalam DPS Penjatahan akan memperoleh satu Waran Seri I.

Dalam menggelar aksi ini, SBI telah menunjuk PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi.

Para investor yang akan memesan saham SBI bisa mulai mengikuti masa penawaran umum mulai 14 - 17 Maret mendatang. Jika berjalan lancar, saham SBI akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 21 Maret 2022.

Sebagai informasi, SBI adalah pemegang merek tunggal sepeda Genio Bike dan United Bike yang sudah berdiri sejak 2017 lalu.

Hingga 30 September 2021, SBI meraup penjualan bersih Rp122,94 miliar dengan laba bersih Rp20,27 miliar.