Erick Thohir Siapkan Beasiswa Bagi 7.700 Pelajar dan Mahasiswa, Juga Sertifikasi Kompetensi Buat Guru
Menteri BUMN Erick Thohir. (foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Para pelajar/mahasiswa dan guru harap bersiap. Menteri BUMN Erick Thohir akan memberikan beasiswa pendidikan untuk 7.700 pelajar/mahasiswa dan sertifikasi kompetensi bagi 2022 guru dalam rangka mendorong pengembangan skill digital di masyarakat.

"Kita sekarang mendorong bagaimana tadi program pendidikan. Akan kami berikan beasiswa untuk 7.700 pelajar/mahasiswa agar ke depannya melek teknologi," ujar Erick Thohir saat menyampaikan sambutannya secara daring dalam Konvensi Nasional Media Massa Hari Pers Nasional 2022 seperti dikutip Antara, Senin, 7 Februari.

Menteri BUMN itu menambahkan bahwa pihaknya juga berencana untuk memberikan sertifikasi kompetensi untuk 2022 guru dalam rangka pengembangan skill digital.

"Guru-guru kita coba dampingi juga," kata Erick.

Selain itu, Erick Thohir bersama BUMN juga akan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para pelaku UMKM agar UMKM dapat Go Digital.

"Dan tentu yang paling penting juga adalah pendampingan kepada UMKM, apalagi kita sekarang memiliki kapal induk besar seperti BRI, Pegadaian dan PNM yang sudah menjadi satu menjadi Holding BUMN Ultra Mikro sehingga pendampingan UMKM supaya melek digital ini menjadi bagian," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir menekankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN difokuskan pada sektor pendidikan, UMKM, dan lingkungan hidup.

TJSL dalam sektor pendidikan meliputi pemerataan pendidikan berkualitas agar anak-anak Indonesia mendapat kemudahan dan akses ilmu pengetahuan serta teknologi. Sedangkan pemberdayaan UMKM dan ultramikro untuk naik kelas, dan TJSL dalam lingkungan hidup yang difokuskan untuk pelestarian alam dan penghijauan.

Menteri BUMN mengatakan, pelaksanaan TJSL juga harus mempertimbangkan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam pemberdayaan masyarakat.