Bagikan:

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) diketahui telah merilis jadwal Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan untuk periode sepanjang 2022.

Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono mengatakan langkah ini merupakan bagian dari transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan tugas, khususnya dalam proses perumusan dan penetapan bauran kebijakan.

“RDG bulanan hari pertama merupakan pembahasan hasil evaluasi terhadap kondisi dan prospek perekonomian, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, serta mengintegrasikan opsi bauran kebijakan (policy mix),” ujarnya dalam keterangan pers, Selasa, 28 Desember.

Erwin menambahkan, RDG bulanan hari kedua dilaksanakan untuk membahas rekomendasi kebijakan dan penetapan bauran kebijakan (policy mix) yang meliputi kebijakan moneter, makroprudensial, serta kebijakan sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah.

Sebagai informasi, Pelaksanaan RDG BI diatur dalam pasal 43 Undang-Undang No.23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah beberapa kali.

Terakhir adalah melalui Undang-Undang No.6 Tahun 2009 yang menyatakan bahwa sekurang-kurangnya 1 kali dalam sebulan dilaksanakan RDG untuk menetapkan kebijakan umum di bidang moneter.

“RDG Bulanan merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi untuk melakukan evaluasi atas bauran kebijakan yang ditempuh serta untuk menetapkan arah kebijakan ke depan,” tegas Erwin.

Berikut adalah informasi lengkap jadwal Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia periode 2022.

No

Bulan

Waktu

Tempat

1

Januari*

Rabu-Kamis, 19-20 Januari

Jakarta

2

Februari

Rabu-Kamis, 9-10 Februari

Jakarta

3

Maret

Rabu-Kamis, 16-17 Maret

Jakarta

4

April**

Senin-Selasa, 18-19 April

Jakarta

5

Mei

Senin-Selasa, 23-24 Mei

Jakarta

6

Juni

Rabu-Kamis, 22-23 Juni

Jakarta

7

Juli**

Rabu-Kamis, 20-21 Juli

Jakarta

8

Agustus

Senin-Selasa, 22-23 Agustus

Jakarta

9

September

Rabu-Kamis, 21-22 September

Jakarta

10

Oktober**

Rabu-Kamis, 19-20 Oktober

Jakarta

11

November

Rabu-Kamis, 16-17 November

Jakarta

12

Desember

Rabu-Kamis, 21-22 Desember

Jakarta

*) RDG Bulanan Cakupan Tahunan

**) RDG Bulanan Cakupan Triwulanan