Indodax Short Film Festival Ketiga Bawa Respons Positif Para Pembuat Film Senior
Foto: Dok. Indodax

Bagikan:

JAKARTA - Pelaksanaan malam penganugerahan Indodax Short Film Festival 2021 (ISFF) baru saja berlangsung pada hari Rabu malam, tanggal 15 Desember 2021 melalui Youtube Indodax, mengundang berbagai respons positif pembuat film di Indonesia yang juga menjadi juri dalam acara ini.

Para dewan juri yang hadir pada acara ini yaitu sutradara kenamaan Fajar Nugros, aktris kenamaan Ayushita, Andi Bachtiar Yusuf, Anjas Maradita, dan Dian Rintari sebagai perwakilan Indodax.

Kelima dewan juri yang hadir menilai 15 film terpilih dari ratusan film yang masuk ke direktori ISFF 2021 dengan memperhatikan Skenario, Pendalaman karakter, Sinematografi, dan Editing. Indodax Short Film Festival (ISFF) sendiri saat ini menjadi event terbesar bagi para pembuat film pendek di Indonesia yang pada tahun ini telah berlangsung ketiga kalinya.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan bahwa animo masyarakat pada ISFF 2021 terus meningkat, kuantitas film yang mencapai ratusan dan kualitas film yang masuk ke direktori pun sangat baik. Pada tahun ini, ISFF 2021 mengambil tema “Limitless” yang berarti “Tanpa Batas”.

“Pengambilan tema Limitless memiliki makna dimana kami ingin setiap pegiat film tidak akan membatasi dirinya untuk terus berkreasi. Sehingga, film-film yang dihadirkan pun bisa membangkitkan semangat anak-anak muda untuk lepas dari batasan dan belenggu yang menghambat. Dengan adanya antusiasme masyarakat terhadap penyelenggaraan acara setahun sekali ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada para penonton dan masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu juri ISFF 2021 yaitu Fajar Nugros yang sudah menjadi juri pagelaran film pendek ini dari tahun 2019 sangat senang bahwa Indodax konsisten menggelar lomba film pendek dari tahun ke tahun dan merasa bahwa tema Limitless adalah tema yang sangat tepat dipakai untuk tahun ini.

“Buat saya yang berangkat dari film pendek, ini merupakan kesempatan bagi para short film maker di luar sana untuk menunjukkan karya mereka. Tema Limitless tepat karena Indodax berimprovisasi pada situasi yang terbatas karena pandemi ini dan tetap menggelar event ini. Itu sesuai dengan roh film pendek. Jadi mereka selalu bergerak dari apa yang dipunya dan aku pikir itu tema yang tepat untuk tahun ini,” timpal Fajar Nugros.

Dalam rangkaian penyelenggaraan acara Indodax Short Film Festival (ISFF) 2021, Indodax tidak hanya menyelenggarakan lomba film pendek, namun juga menggelar dua workshop terkait film pendek yaitu “The Secret Formula to A Great Short Movie” yang diadakan pada tanggal 2 Juli 2021 dengan menghadirkan narasumber yaitu Ario Rubbik, seorang film director serta workshop “Filmmaking 101: Plotting A Winning Storyline" yang diadakan pada tanggal 29 September 2021 dengan menghadirkan narasumber yaitu Rahabi Mandra, seorang screenwriter yang mendapat penghargaan sebagai Penulis Skenario Adaptasi Terbaik melalui film Night Bus.

Kedua workshop ini dilaksanakan secara live melalui Zoom dan disiarkan melalui YouTube Indodax.