Bagikan:

JAKARTA - PT East West Seed Indonesia (Ewindo) mendukung upaya pemerintah dalam menggenjot produksi jagung nasional. Salah satu caranya dengan meluncurkan benih jagung manis Perkasa F1. Jagung ini diklaim memiliki beberapa keunggulan yang dapat menguntungkan para petani.

Managing Director Ewindo, Glenn Pardede meyakini varietas jagung manis yang diluncurkan di desa Wonosari, Pekalongan, Lampung Timur ini bakal menjadi primadona di kalangan petani, pedagang dan konsumen. Karena berhasil menjawab sejumlah tantangan yang ada selama ini.

"Jadi ini peluncuran pertama kita untuk varietas jagung manis Perkasa F1 ini. Kenapa di Lampung, karena provinsi Lampung ini salah satu wilayah penghasil jagung manis terbesar di Indonesia. Nanti setelah ini kita lakukan di Jawa Timur," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 1 Desember.

Glenn mengatakan jagung manis Perkasa F1 memiliki tiga keunggulan utama. Pertama, memiliki buah yang lebih besar dengan ukuran 21x4,6 cm. Dengan ukuran tersebut potensi hasilnya juga menjadi meningkat tinggikan yaitu hingga 18 ton per hektare (Ha).

Kedua, lanjut Glenn, tingkat kemanisannya yang lebih tinggi mencapai 14,6 brix. Tak hanya itu, rasa segar manisnya jagung Perkasa F1 dapat bertahan 3 sampai 5 hari. Karena itu jagung ini berpotensi digemari oleh konsumen.

"Keunggulan ketiga yang juga menjadi solusi dari tantangan yang ada saat ini adalah daya simpan yang lama yaitu hingga 4 hari. Dengan daya simpan yang panjang jagung manis ini akan disukai para pengepul dan pedagang. Karena jagung akan tetap manis hingga sampai ke tangan konsumen," ucapnya.

Lebih lanjut, Glenn mengatakan Ewindo juga menghadirkan rumah perkasa di desa Wonosari, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur. Rumah ini, bisa dijadikan wadah bagi para petani untuk konsultasi, diskusi terkait dengan penanaman jagung manis Perkasa F1.

Peluncuran varietas jagung manis Perkasa F1 dan pusat informasi petani Ini, kata Glenn, menjadi salah satu wujud keseriusan Ewindo dalam mendukung pemerintah untuk meningkatkan volume dan kualitas produksi hortikultura nasional sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi bangsa.

"Peluncuran jagung manis Perkasa F1 'Buah Besar dan Manis Tahan Lama' ini bagian dari upaya kami melayani dan menjadi sahabat petani yang paling baik. Kemudian juga upaya untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan produktivitas jagung manis di Indonesia," ucapnya.