Bank Mandiri Berharap Pemenang Kompetisi Wirausaha Muda Berkontribusi Aktif Bagi Perekonomian
Ilustrasi (Foto: Dok. Bank Mandiri)

Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Mandiri Tbk. terus mendukung hadirnya para pengusaha muda yang diharapkan dapat berkontribusi aktif bagi perekonomian. Hal tersebut diwujudkan dengan gelaran kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang kini telah menghasilkan tiga juara tingkat nasional.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri mengatakan Sejak 2007, WMM melahirkan lebih dari 50.000 wirausahawan muda yang telah memberikan dampak langsung ke masyarakat.

“Wirausaha Muda Mandiri juga berperan aktif membuka lapangan pekerjaan, hingga siap menjadi solusi atas berbagai persoalan perekonomian bangsa. Inilah yang menyemangati kami untuk konsisten terus mendorong lahirnya entrepreneur muda,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu, 28 November.

Menurut Rohan, pihaknya memastikan manfaat yang didapat oleh para pesarta tidak berhenti pada tahapan kompetisi, namun berlanjut pada tahap pendampingan, pengembangan usaha, dan juga promosi usaha para finalis.

“Kami juga mengikutsertakan finalis dan juara di event-event promosi nasional dan lokal agar mereka dapat memperkenalkan produk ke pasar, sehingga bisa menjadi nilai tambah dalam pengembangan bisnis,” ucapnya.

Disebutkan Rohan jika para finalis terakhir harus bisa mempresentasikan konsep usahanya dan menjawab pertanyaan dewan juri, seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Anggota Wantimpres Putri Kuswisnu Wardani, dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi. Untuk diketahui, para juri ini nantinya juga akan bertindak sebagai investor untuk skema bisnis terbaik.

“Kami ingin apa yang dilakukan perseroan menjadi wadah ekosistem pelaku usaha kreatif sekaligus inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi wirausahawan inovatif, kreatif, dan solutif yang akan mengambil peranan penting dalam kebangkitan ekonomi nasional,” tegas dia.

Adapun, dalam WMM 2021 tampil sebagai juara pertama adalah Aminudi, pengusaha pakan ternak dari sampah organik dengan nama usaha Biomagg.

Disusul kemudian Syukriyatun Niamah, penyedia furniture berbahan dasar material daur ulang plastik di posisi kedua, dan Alamsyah, penyedia sistem pelacakan mobil dan aset bergerak lainnya secara daring.

WMM sendiri mengusung konsep Capital League yang memberi tantangan bagi seluruh finalis untuk bersaing dan berjuang mendapatkan capital reward sebanyak-banyaknya dengan total reward Rp2,5 miliar.