Tudingan Pelecehan Seksual Asia Argento terhadap Rob Cohen yang Dianggap Membingungkan
Asia Argento (Instagram @asiaargento)

Bagikan:

JAKARTA - Aktris sekaligus aktivis #MeToo, Asia Argento membuat sebuah klaim menghebohkan. Ia mengatakan, sutradara Rob Cohen melakukan pelecehan seksual kepadanya.

Melansir Variety, Argento menyebut Cohen melakukannya ketika ia menjalani wawancara dengan koran Italia, Il Corriere della Sera dan media lainnya. Sutradara Fast and Furious itu dikabarkan memaksa Argento minum GHB.

“Saat itu, saya benar-benar tidak tahu. Saya terbangun pada pagi hari dalam kondisi telanjang di tempat tidurnya,” kata Argento yang mengatakan kejadian ini dilakukan pada tahun 2002 saat ia membintangi film xXx bersama Vin Diesel dan Samuel L. Jackson.

Kemudian, dia menghadiri acara bincang Verissimo untuk mempromosikan buku autobiografinya, Anatomy of a Wild Heart di mana cerita tentang pelecehan yang dilakuakan Cohen dijelaskan secara lengkap.

Awalnya, Argento tidak yakin apa yang terjadi kepadanya tetapi ketika seorang teman menjelaskan GHB, Argento menjadi paham. GHB atau Gamma-hidroksibutirat adalah obat yang biasa dipakai pemerkosa untuk melakukan aksinya. GHB memiliki efek penenang sekaligus pembentukan otot. Obat ini sering disebutkan dalam kasus date rape atau pemerkosaan yang dilakukan orang terdekat.

Argento memiliki keberanian untuk bersuara setelah mendengar dua orang (termasuk anak perempuan Cohen) berbicara mengenai hal yang sama. Wanita pertama di awal tahun 2019 menceritakan kejadiannya kepada Huffington Post.

Wanita ini mengaku diperkosa setelah Cohen mengajaknya rapat di Manhattan untuk membahas episode acara televisi. Di tahun yang sama, anak perempuannya, Valkyrie Weather mengalami hal serupa ketika masih kecil. Bahkan, Cohen pernah mengajaknya mengunjungi pekerja seks komersial di luar negeri saat ia remaja.

Penggagas Kasus Harvey Weinstein

Asia Argento menjadi salah satu pihak pertama yang berbicara mengenai kasus #MeToo termasuk pelecehan yang dilakukan produser kondang, Harvey Weinstein.

Pada tahun 2018, Argento memberitahu The New Yorker bahwa produser itu memaksa Argento untuk memijatnya di sebuah kamar hotel di French Riviera ketika menghadiri Festival Film Cannes, tetapi Weinstein malah memperkosanya.

Saat itu, Argento masih berusia 21 tahun. Dia tidak memberitahu siapa-siapa karena ia takut produser itu akan menghancurkan kariernya. “Saya tahu ia ‘menghancurkan’ banyak orang sebelumnya. Itu mengapa cerita ini - dalam kasus saya, sudah 20 tahun, beberapa dari mereka jauh lebih lama - dan tidak pernah dirilis,” katanya.

Argento menjadi satu dari 35 wanita lainnya yang menuduh Weinstein atas kasus pelecehan seksual. Argento pun menghadiri penutupan Festival Film Cannes 2018 dan berkata, “Malam ini, berdiri di antara kalian, ada orang yang harus bertanggung jawab atas sikapnya kepada wanita yang tidak layak di industri ini atau tempat kerja di mana pun.”

Aksi Argento ini mendapat respons dari masyarakat karena setelahnya banyak figur publik wanita yang ikut bersuara dan menyadari mereka tidak sendirian.

Tuduhan dari Jimmy Bennett

Nama Asia Argento menjadi sorotan setelah dengan berani menyuarakan pelecehan yang dilakukan Harvey Weinstein. Tetapi di sisi lain, ia juga menjadi perhatian karena seorang model muda bernama Jimmy Bennett menuduhnya melakukan pelecehan kepadanya.

Keduanya bertemu dalam proyek film The Heart is Deceitful Above All Things di mana Bennett berperan sebagai anak Argento berumur tujuh tahun. Mereka bertemu saat Bennett berusia 17 tahun dan Argento berusia 37 tahun.

Bennett mengaku takut membagikan peristiwa ini karena ia pernah diminta untuk tutup mulut. Pihak Argento menyanggah hal tersebut dan berpikir Bennett pernah meminta sejumlah uang kepada Argento.

Tahun 2018, sebuah foto syur Argento dan Bennett tersebar. Sempat menolak segala klaim, Argento mengonfirmasi bahwa ia pernah memiliki hubungan dengan Bennett namun tidak tahu jika saat itu Bennett masih di bawah umur.

Argento juga menjelaskan hubungan seks itu dilakukan atas suka sama suka serta tidak ada pemaksaan. Di tengah kehebohan ini, Argento memilih keluar dari X-Factor Italia.

Respons Rob Cohen

Perwakilan Rob Cohen menjawab klaim yang diutarakan Asia Argento kepada Variety. “Mr. Cohen dengan tegas menyangkal tuduhan Asia Argento atas penyerangan (seksual) terhadapnya sebagai (klaim) yang salah.”

Lebih lanjut, perwakilannya juga mengatakan Cohen menganggap aktris 45 tahun itu sebagai teman saja.

“Sehingga klaim yang berasal dari tahun 2002 ini membingungkan, terutama mengingat apa yang telah dilaporkan (Asia Argento) selama beberapa tahun terakhir.”