Wagub DKI Sebut Maraknya Aksi Pesepeda Dijambret karena Bertambahnya Pengangguran di Masa Pandemi
Ilustrasi Pedepeda (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Video rekaman aksi penjambretan handphone milik pesepeda di Jalan Sudirman, perbatasan wilayah Tanah Abang dan Setiabudi, Jakarta, viral di media sosial Instagram.

Kedua pelaku yang menggunakan motor itu terekam jelas telah mengintai korban pesepeda dari belakang. Setelah ada pecahan jalur, kedua pelaku langsung mengambil handphone milik pesepeda yang diletakan di kantung baju belakang korban.

Video tersebut sontak ramai di media sosial Instagram. Bahkan, Wagub DKI Jakarta Riza Patria turut merespon kejadian pencurian handphone yang menimpa seorang pesepeda itu.

"Jadi semua harus hati-hati sekarang. Sekarang ya pencopet, maling, ya macem-macem menggunakan berbagai cara dan kesempatan. Jadi kita mohon hati-hati semuanya," kata Wagub, Sabtu 23 Oktober.

Wagub DKI ini menyadari bahwa dampak masa pandemi di Jakarta saat ini menambah angka pengangguran. Untuk itu, maraknya aksi kejahatan jalanan imbas dari masalah sosial yang ada.

"Memang sekarang ini di masa pandemi ya mohon maaf, ada penambahan pengangguran. Ada masalah sosial juga, sehingga memang memungkinkan ada orang yang mencari cara-cara untuk mendapatkan materi dengan cara yang tidak baik. Kami minta mereka (pelaku) yang melakukan hal-hal yang tidak terpuji untuk tidak dilakukan lagi," katanya.

Sementara dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Singgih membantah bahwa kejadian terjadi di wilayahnya. Menurutnya, kejadian itu terjadi masuk wilayah Setiabudi, Jakarta Selatan. Pihaknya telah mengecek ke TKP dan memastikan wilayah kejadian tidak masuk Tanah Abang.

"Kejadian pas di seberang intiland, masuk wilayah Setiabudi, Jaksel. Dan tidak ada laporan (korban) ke (Polsek) Tanah Abang," katanya kepada VOI.