Sudah 6 Hari Basarnas Belum Temukan Nelayan yang Hilang di Perairan Pulau Batuatas
Petugas Basarnas melakukan pencarian nelayan yang hilang saat memancing/ Foto:Antara

Bagikan:

SULTENG - Setelah enam hari beroperasi, Tim SAR gabungan belum menemukan seorang kakek bernama La Manggalo (60) yang dilaporkan hilang saat memancing ikan sejak 9 Oktober 2021 di perairan Pulau Batuatas, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi melalui keterangan tertulisnya di Kendari, Sabtu 16 Oktober, mengatakan operasi hari keenam pencarian korban melibatkan personel gabungan dari Pos SAR Baubau, Poksek Batuatas, masyarakat setempat dan keluarga korban.

"Pencarian dimulai pukul 06.30 WITA, namun hingga memasuki pukul 17.30 WITA, Tim SAR gabungan menghentikan sementara Ops pencarian dengan hasil nihil. Pencarian akan dilanjutkan dengan pemantauan dan pemapelan besok pagi," kata dia

Dia menyampaikan kondisi cuaca pada saat operasi SAR cerah, tinggi gelombang mencapai 1-2 meter dan kecepatan angin 2 - 16 knot. Sedangkan alat yang digunakan yaitu satu unit perahu karet dan tiga kapal masyarakat setempat.

Tim Basarnas gabungan melakukan pencarian terhadap korban dengan menyisir sekitar lokasi kejadian kecelakaan (LKK) tempat korban dilaporkan hilang melaut di Perairan Baruatas.

Korban dilaporkan keluar melaut sejak 9 Oktober 2021 pada pukul 21.00 WITA. Kebiasaan korban kembali dari melaut pada saat subuh menjelang pagi. Namun, hingga pagi hari La Manggalo tak kunjung kembali.

Telah dilakukan pencarian oleh keluarga korban dan masyarakat setempat, namun korban tak kunjung ditemukan sehingga kejadian itu dilaporkan ke Basarnas Kendari

Korban merupakan warga Desa Wacuala, Kecamatan Batuatas, Buton Selatan. Korban dilaporkan menggunakan sampan berwarna biru, keluar melaut menggunakan baju warna kuning. Korban juga memiliki riwayat sakit pada perut.