Ranjau Paku Bikin Kesel Pengguna Motor, Satpol PP Akhirnya Sapu Jalanan Pakai Magnet, Dapat Setengah Ember Lebih
Petugas Satpol PP menyisir jalanan mencari ranjau paku/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Satpol PP Jakarta Timur menggelar pembersihan ranjau paku secara serentak di 10 Kecamatan. Kegiatan menyisir ranjau paku itu menindaklanjuti instruksi Kasatpol PP DKI No. 215 Tahun 2021 tentang pengawasan pembersihan ranjau paku.

"Hari ini kita lakukan serentak di 10 Kecamatan. Hasil terbanyak ditemukan di wilayah Kecamatan Matraman dengan 1 kg paku campur potongan besi dan Kecamatan Ciracas sebanyak setengah ember kecil paku, besi dan sekrup," ujar Kasatpol PP Jakarta Timur Budhy Novian saat dihubungi VOI, Kamis 14 Oktober.

Pembersihan ranjau paku dari sejumlah ruas jalan itu akan dilakukan hingga 21 Oktober, pekan depan. Operasi dimulai sekitar pukul 10.00 WIB hingga selesai.

"Sebanyak 10 personel Satpol PP tiap wilayah melakukan sapu bersih ranjau paku di wilayah masing-masing," ujarnya.

Penyisiran ranjau paku dilakukan menggunakan alat manual yang terbuat dari magnet agar benda seperti paku dan lainnya yang berbahan besi dapat menempel.

Adapun 10 kecamatan pembersihan ranjau paku meliputi Jalan Pasar Pramuka di Matraman, Jalan Jatinegara hingga Jalan MT Haryono di Jatinegara, Jalan Pemuda di Pulogadung, Jalan MT Haryono di Kramat Jati, Jalan TB Simatupang di Pasar Rebo, Jalan raya Bekasi di Cakung, Jalan Kolonel Suegiono di Duren Sawit, Jalan Soetoyo hingga Jalan Raya Pondok Gede di Makasar, Jalan Raya Bogor di Ciracas dan Jalan Raya Hankam hingga Jalan Bina Marga di Cipayung.

Dari hasil observasi lapangan, petugas Satpol PP Jakarta Timur menyebut ada dua lokasi rawan ranjau paku yakni di wilayah Jatinegara dan Duren Sawit.

"Kami mengimbau masyarakat untuk lebih berhati - hati dalam berkendara. Jika ada masalah di jalan segera huhungi 112 call cantre layanan 24 jam," ujarnya.