UPN Veteran Jakarta Berencana Kuliah Tatap Muka Pertengahan Oktober 2021
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah perguruan tinggi mulai bersiap untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di kampusnya. Salah satunya adalah Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta.

Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati menyebut pihaknya akan menggelar kuliah tatap muka pada pertengahan bulan Oktober 2021.

"Kita akan mulai kelas tatap muka setelah ujian tengah semester (UTS). Perkiraan akan dilakukan pertengahan oktober. Sekarang sedang persiapan," kata Erna dalam pesan singkat kepada VOI, Sabtu, 18 September.

Erna menuturkan, pelaksanaan kuliah tatap muka akan dilakukan sesuai dengan surat keputusan bersama empat kementerian (SKB) pelaksanaan PTM di masa pandemi COVID-19.

SKB tersebut adalah yakni Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/202l, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

Selain UPN Veteran, Universitas Gadjah Mada juga akan menggelar kuliah tatap muka pada bulan Oktober. Lalu, Institut Teknologi Bandung (ITB) akan kuliah tatap muka pada akhir bulan September.

Sebagai informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah memperbolehkan sekolah dan perguruan tinggi untuk menggelar PTM terbatas mulai Juli 2021.

Pendidik dan tenaga kependidikan yang mengikuti PTM harus sudah divaksinasi. Lalu, orang tua atau wali dapat memilih bagi anaknya untuk melakukan PTM terbatas atau tetap melaksanakan PJJ. Sementara, aturan protokol kesehatan mengikuti Instruksi Menteri Dalam Negeri yang berlaku dalam penerapan PPKM di tiap wilayah.