Petugas Damkar Akui Kesulitan Padamkan Api karena Banyak Glasswool di Dalam Ruko
Petugas pemadam menjinakan api yang melahap bangunan ruko 4 lantai di Jakpus/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah ruko di Jalan Gajah Mada, No 199, RT 03/04, Kelurahan Glodok, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, ludes terbakar. Api berkobar di lantai 3 dan lantai 4 ruko milik PT Thermindo yang berada di depan LTC Glodok.

"Penyebab kebakaran diduga karena konsleting travo komputer di lantai 3. Objek yang terbakar dari 2 lantai seluas 128 meter persegi dengan kerugian ditaksir mencapai 500 juta rupiah," kata Kasiops Sudin Gulkarmat Jakarta Barat, Suket saat dihubungi VOI, Selasa 14 September.

Suket mengatakan, api berhasil dikuasai sekitar pukul 08.56 WIB dengan mengerahkan 26 armada mobil pemadam dengan 130 personel Gulkarmat.

"Objek yang terbakar hanya satu ruko terbakar, alhamdulillah engga ada korban. Api padam pukul 11.00 WIB, kalau dikuasai (api) sebentar sekitar jam 09.00 WIB. Proses pemadaman api menggunakan air," ujarnya.

Hingga kini petugas kepolisian masih melakukan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi. Sementara petugas Gulkarmat sudah meninggalkan lokasi kebakaran.

"Kendala saat pemadaman karena banyaknya Glasswool atau peredam panas yang ada di lantai 4 ruko itu, sehingga api sulit dipadamkan dan asapnya terus mengepul. Makanya tadi agak lama proses pendinginannya," katanya.

Suket mengatakan, menurut keterangan saksi mata, api bermula muncul dari lantai 3 ruko tersebut.

"Dari keterangan saksi, api mulai terlihat di lantai 3 bagian atas. Saat kejadian, kantor baru mau mulai beraktivitas," ujarnya.