Terbukti Sehat Setelah 'Mejeng' di Sekolah Partai, Sekarang Megawati Diserang Lagi Isu Meninggal
Foto Megawati via laman resmi PDIP

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan kembali diserang isu miring. Setelah pekan lalu disebut kritis hingga masuk ICU dan dijawab dengan tampil bugar saat membuka sekolah partai, kini Megawati diisukan lebih sadis, tutup usia.

Isu ini ramai beredar di TikTok. Ada sebuah video yang diunggah akun TikTok, @dhianrama18. Membuat narasi di dalam video dengan sangat bombastis, "Turut Berduka Cita Telah Meninggal Dunia Ibu Megawati Soekarnoputri. Semoga Amal Ibadah Beliau Diterima Oleh Allah SWT|".

Supaya terkesan serius, akun ini juga memasukkan potongan suara politisi PDIP Henry Yosodiningrat. Tidak jelas juga dalam konteks apa dia berbicara. Hanya diambil potongan suara untuk bisa meyakinkan isu hoaks ini.

"Kami para politisi dari PDI Perjuangan banyak belajar dari almarhum beliau meninggalkan kesan dan kenangan yang sangat baik sangat mendalam”

Isu ini bukan cuma beredar di TikTok. Tapi dengan narasi yang berbeda, beredar juga di YouTube.

Kanal YouTube “KABAR NUSANTARA” mengunggah sebuah video yang memberitakan bahwa Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri, kini tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta, sejak tanggak 8 September 2021 dan sedang dalam kondisi kritis. Video tersebut diunggah pada 10 September 2021 dan telah ditonton sebanyak 3.091 kali.

NARASI:
“BERITA TERBARU HARI INI ~ INNALILLAH,BEGINI KONDISINYA SAAT INI~VIRAL NEWS MEGAWATI”

NARASI DALAM GAMBAR:
“~INNALILLAH..!!!
MAK BANTENG KRITIS
BANTENG MERAH AKAN KEHILANGAN SOSOKNYA”

Dan laman resmi Turn Back Hoax sudah mengklasifikasi kalau konten tentang Megawati tutup usai adalah salah. Hingga berita ini diturunkan, redaksi masih coba mengonfirmasi kepada sejumlah petinggi PDI Perjuangan.

Isu kritis masuk ICU yang hoaks

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri sudah menghadiri pembukaan Training of Trainer (TOT) Pendidikan Kader Madya PDI Perjuangan secara virtual pada Jumat, 10 September. Kehadiran Megawati ini sekaligus memupus isu liar kalau dia sedang dirawat serius karena kondisinya yang kritis. Isu ini beredar liar sejak Kamis 9 September pagi.

Megawati yang mengenakan baju merah terlihat mengikuti zoom dari Teuku Umar, Menteng, Jakarta. Di sana dia didampingi Ketua DPD PDIP Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga.

Presiden ke-5 RI itu menjelaskan alasan tampilnya dia dalam pembukaan TOT Pendidikan Kader Madya PDIP secara terbuka untuk umum. Kehadiran dia diminta secara khusus oleh Sekjen Hasto Kristiyanto untuk membantah isu hoaks.

"Pak Sekjen bilang 'Ibu nanti ini acara pembukaannya terbuka', supaya umum juga bisa melihat kalau Alhamdulillah saya dalam keadaan sehat wa alfiat, tidak kurang suatu apapun," ujar Megawati.