Ketika PELNI Merambah Kapal Pesiar, Begini Animo Wisatawan 
Direktur PT PELNI Insan Purwarisya L. Tobing. (Dok PELNI)

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia adalah negara bahari, potensi bahari yang tersebar dari Sabang hingga Merauke belum diolah secara maksimal. PELNI punya peluang besar dalam mengoptimalkan potensi ini. Tak hanya mengangkut penumpang, barang dan jasa, sektor wisata kapal pesiar juga bisa menjadi tantangan tersendiri ke depan.

“Hingga saat ini PELNI selaku operator masih mengoperasikan armada kapal nya untuk mengangkut penumpang dan muatan barang sesuai dengan amanah yang tertuang dalam kontrak penugasan PELNI dan Kementerian Perhubungan RI.  Dalam bidang pariwisata bahari, PT PELNI melalui anak usahanya mengelola kapal pinisi KLM Pelita Arunika di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur," kata Direktur PT PELNI Insan Purwarisya L. Tobing dalam keterangan tertulis kepada VOI belum lama berselang.

"Kapal ini telah beroperasi sejak tahun 2019 dan memiliki kapasitas hingga 10 orang dan dilengkapi dengan lima kabin meliputi dua kabin utama dengan satu tempat tidur, satu kabin dengan dua pasang tempat tidur dan satu kamar dengan tempat tidur lower deck,”  lanjutnya.

Pelita Arunika. (Dok PELNI)
Pelita Arunika. (Dok PELNI)

Selain itu, juga tersedia paket wisata dengan KLM Pelita Arunika yang hadir dalam berbagai pilihan paket wisata mulai dari Full Day Tour, 2 Hari 1 Malam, dan 3 Hari 2 Malam. “Dalam menghadapi persaingan dalam industri wisata bahari, PT PELNI bersama anak usaha selaku pengelola KLM Pelita Arunika selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas, serta memaksimalkan potensi pariwisata yang ada di Labuan Bajo melalui paket wisata yang ditawarkan kepada seluruh pengguna jasa KLM Pelita Arunika. Hal-hal tersebut menjadi point selling tersendiri bagi Perusahaan agar semakin lebih baik lagi,” paparnya.

Seperti apa animo wisatawan baik wisnu maupun wisman untuk menikmati kapal menikmati pesiar Pelni ini? ”Selain kapal Pelita Arunika, Perusahaan juga memiliki PELNI Lifestyle yang menawarkan sensasi berwisata sambal berlayar di atas kapal penumpang yang dioperasikan PELNI. PELNI Lifestyle dibagi menjadi beberapa jenis seperti Meeting on Board, Study on Board, Venue on Board, Tour on Board, dan wisata bahari.

Pelita Arunika. (Dok PELNI)
Pelita Arunika. (Dok PELNI)

Di masa pandemi COVID-19 saat ini, PELNI Lifestyle telah mengembangkan Virtual Tour on Board yang dapat diikuti seluruh kelompok dari masyarakat umum, kelompok akademik, pelaku wisata hingga pemerintah atau dilaksanakan untuk mengakomodir permintaan group.