Gubernur Kepri Pertimbangkan Belajar Tatap Muka Jika Seluruh Pelajar Sudah Divaksin
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad/ANTARA

Bagikan:

TANJUNGPINANG - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyebut akan mempertimbangkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) SMA/SMK/sederajat jika seluruh pelajar sudah disuntik vaksin.

Ansar tak menampik saat ini angka COVID-19 di daerah itu cenderung mengalami penurunan sebagai dampak dari penerapan PPKM. Namun pihaknya belum berwacana mengizinkan kembali PTM di sekolah.

"Tapi tetap kami bahas dulu bersama dinas pendidikan. Kalau pelajar sudah vaksin semua, maka PTM bisa saja digelar, tapi dibatasi 50 persen," katanya di Tanjungpinang dikutip Antara, Kamis, 19 Agustus.

Ansar menyatakan capaian vaksinasi anak usia 12-17 tahun, sampai sejauh ini sebesar 42,23 persen atau 88.110 orang dari total target 227 ribu orang.

Dia mengatakan pelaksanaan vaksinasi anak-anak itu mengalami kendala sebagai imbas dari terbatasnya ketersediaan jenis vaksin Sinovac.

Pemprov Kepri terus mendesak pemerintah pusat, melalui Kementerian Kesehatan, agar memenuhi ketersediaan vaksin bagi kelompok usia tersebut.

"Vaksin Sinovac terbatas. Maka itu kita rutin menyurati pusat, karena anak-anak tidak boleh vaksin lain," ucap Ansar.

Kendala terbatasnya ketersediaan vaksin juga dihadapi pada kelompok masyarakat usia 18 tahun ke atas, sehingga target 100 persen sampai 17 Agustus 2021 tidak bisa tercapai.

Menurutnya hal itu bukan disebabkan kinerja juru vaksin yang lambat, namun memang pasokan vaksin COVID-19 dari pusat ke daerah terbatas.

"Sekarang vaksinasi masyarakat umum sudah 71,35 persen dari target 1,1 juta orang. Kita menyerah bukan karena masalah kinerja, tapi stok vaksin minim," kata Ansar.