Banyak yang Bertanya ke Menkes Kapan Pandemi COVID-19 Berakhir, Jawabannya ‘Tergantung Kita’
Menkes Budi Gunadi Sadikin/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku kerap mendapat pertanyaan kapan pandemi COVID-19 berakhir. Namun dirinya tak bisa menjawab secara pasti karena tidak pernah ada yang tahu.

"Banyak orang bertanya ke saya, kapan pandemi ini akan berakhir. Saya bilang, terus terang saya enggak tahu," kata Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 26 Juli.

Dia mengatakan, selama ini sudah banyak ahli yang memprediksi kapan pandemi COVID-19 di Tanah Air akan berakhir. Tapi semua itu tidak ada yang benar karena pandemi ini selesai ditentukan oleh sikap masyarakat dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari.

"Saya lihat pandemi ini akan berakhir itu tergantung kita. Kalau kita disiplin menjalankan protokol kesehatan virus ini akan menurun penularannya dan yang masuk rumah sakit akan makin sedikit dan yang wafat makin sedikit," ujar Budi.

"Berapa lama pandemi ini akan terus berlangsung? Berapa yang akan masuk rumah sakit? Berapa banyak yang wafat? Itu semua tergantung kita mematuhi prokes," imbuh eks Wakil Menteri BUMN.

Menkes Budi yakin masyarakat Indonesia dapat mengatasi pandemi COVID-19 ini secara bersama. Hal ini sesuai dengan ajakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sesuai dengan arahan Presiden bahwa pandemi ini akan selesai kalau kita bersama-sama secara nasional menghadapinya. Kita tidak saling menyalahkan, tidak saling curiga, tidak saling menuduh," pungkasnya.