Sanna Marin Jadi Perdana Menteri Termuda di Dunia
Sanna Marin, Perdana Menteri Terpilih di FInlandia (Twitter @MarinSanna)

Bagikan:

JAKARTA - Di usianya yang terbilang masih muda, Sanna Marin berhasil menjadi seorang Perdana Menteri untuk Finlandia. Jika dilantik nanti, Sanna Marin akan menjadi PM termuda di dunia yang masih berumur 34 tahun. 

Marin turut menyusul Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un masuk dalam jajaran pemimpin termuda di dunia. Sebelum terpilih, Marin merupakan Menteri Transportasi Finlandia dari Partai Sosial Demokrasi. 

Partai yang mendukung sekaligus tempat Marin bernaung, Partai Demokrasi Sosial, adalah partai terbesar dalam koalisi yang berisikan lima anggota. Selain PM termuda, Marin juga menjadi pemimpin pemerintah perempuan ketiga di Finlandia.

Setelah muncul sebagai partai terbesar Finlandia dalam pemilu yang digelar pada April 2019, Partai Sosial Demokrasi dapat menunjuk salah satu dari anggota mereka sendiri ke jabatan perdana menteri di negara yang berpenduduk 5,5 juta orang tersebut.

Pengangkatan Sanna Marin sebagai PM dilakukan setelah Antti Rinne mengundurkan diri pada Selasa 3 Desember. Salah satu partai di koalisinya mengatakan bahwa sudah tidak percaya lagi akan kepemimpinan Rinne karena dianggap gagal menangani aksi mogok pekerja pos.

"Kami memiliki banyak pekerjaan untuk membangun kembali kepercayaan. Saya tidak pernah memikirkan umur atau jenis kelamin saya, saya memikirkan alasan saya terjun ke dunia politik dan hal-hal yang membuat kami mendapat kepercayaan dari para pemilih," jelas Marin, dilansir dari Reuters, Senin 9 Desember 2019. 

Karier politik Marin di Finlandia dimulai saat ia dipercaya menjadi kepala dewan di Kota Tampere saat berusia 27 tahun. Marin mengambil alih pemerintahan di tengah aksi mogok kerja yang telah berlangsung 3 hari. Konfederasi Industri Finlandia menyatakan bahwa akibat mogok tersebut, perusahaan menderita kerugian sekitar USD550 juta. 

Perempuan pemimpin termuda di dunia sebelumnya adalah PM Selandia Baru Jacinda Ardern. Ia terpilih sebagai PM saat berusia 37 tahun dan menjadi perdana menteri wanita termuda di dunia. Memang Ardern berkecimpung di dunia politik di usianya yang sangat belia. 

Di usia yang terbilang belia yaitu 18 tahun, Ardern bergabung dengan Partai Buruh. Pada 2008, Ardern juga terpilih menjadi anggota parlemen dan menjadi anggota yang termuda. Mimpinya untuk menuntas kemiskinan yang membuatnya terjun di dunia politik di usia yang begitu muda.