Jokowi: Saat Ini Semua Wajib Pakai Masker!
Presiden Joko Widodo (Foto: Twitter @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau seluruh masyarakat tanpa terkecuali untuk menggunakan masker agar tak tertular COVID-19.

Hal ini disampaikannya melalui video berdurasi 20 detik yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu malam, 18 Juli. Pada video tersebut, tampak Jokowi mempraktikkan penggunaan masker. 

"Bapak, ibu, saudara-saudara saat ini semua wajib pakai masker," kata Jokowi pada unggahan video tersebut.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu optimis Indonesia bisa menghadapi pandemi COVID-19. Apalagi, sejumlah cara untuk menekan kasus aktif COVID-19 yang terus bertambah belakangan seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan pemberian vaksinasi terus dilakukan.

"Kita pasti bisa menghadapi pandemi ini. Indonesia pasti bisa," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku kecewa dengan belum optimalnya kampanye protokol kesehatan atau prokes terutama menggunakan masker di tengah masyarakat. Padahal, protokol kesehatan utamanya menggunakan masker menjadi kunci mencegah penularan COVID-19.

“Seperti saya minta sejak awal, BNPB bekerja keras betul urusan berkaitan memberi masker kampanye masker yang saya lihat sampai saat ini belum,” kata Jokowi dalam video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu, 17 Juli

Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia menurutnya banyak terjadi di klaster keluarga. Karenanya perlu dikaji strategi lain dalam menekan penyebaran virus corona.

“Sekali lagi tolong ada kajian lebih detail mengenai penyekatan. Kuncinya itu justru adalah urusan memakai masker, kedisiplinan prokes memakai masker terutama,” ungkapnya.