Gibran Rakabuming Raka Positif COVID-19, Pekerjaan Lapangan Sementara Dilaksanakan Teguh Prakosa
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa meninjau penerapan PPKM (Foto: surakarta.go.id)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan dirinya positif COVID-19 dan sedang menjalani isolasi. Meskipun melaksanakan isolasi mandiri, Gibran masih menjalankan rutinitas pekerjaannya seperti biasa.

”Tadi koordinasi tentang RS Darurat yang akan dibuat di Asrama Haji Donohudan. Sejauh ini komunikasinya dengan Pak Wawali (Wakil Wali Kota Teguh Prakosa),” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, dilansir era.id, Jumat, 16 Juli.

Dia mengungkap Gibran juga masih memberikan sejumlah arahan kepada pihak terkait. Selain itu, Gibran juga dijadwalkan akan menghadiri rapat paripurna secara virtual untuk pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA PPAS). Sebab, dalam ada aturannya, Gibran harus hadir dalam rapat tersebut. 

”Biasanya agendanya ada pembacaan pidato dan penandatanganan nota kesepakatan. Untuk pembacaan materi memang bisa digantikan, tapi kalau untuk penandatanganan harus beliau sendiri dan tidak bisa digantikan. Kalau digantikan harus dengan surat kuasa,” kata Ahyani.

Tapi, Ahyani mengkonfirmasi, Gibran akan hadir secara virtual dalam agenda rapat paripurna di DPRD Kota Solo. Dalam agenda ini Gibran dijadwalkan membacakan pidato terkait pendahuluan anggaran untuk penanganan COVID-19 di kota Solo.

Sebelumnya Gibran menyatakan dirinya positif COVID-19 dan berstatus tanpa gejala. Dalam pernyataan yang disampaikan secara daring dirinya menyatakan masih aktif bekerja dan berkoordinasi secara virtual.

Namun, urusan pekerjaan di lapangan Gibran menyerahkannya kepada Wakil Wali Kota Teguh Prakosa.

”Untuk pekerjaan yang di lapangan biar Pak Teguh dan Pak Sekda dulu,” katanya.