Prakiraan BMKG Sebagian Besar Wilayah Indonesia Cerah Berawan, Jakarta Cerah
Gedung-gedung perkantoran dengan latar belakang langit biru yang cerah di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Jumat 16 Juli. (Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca sebagian besar wilayah Indonesia cerah berawan pada Jumat  16 Juli. Sedangkan untuk Kota Jakarta dan sekitarnya cuaca diprakirakan akan cerah.

Wilayah yang diprakirakan mengalami cerah berawan, yakni Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Pontianak, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Jayapura, Pekanbaru, Padang, Palembang, dan Medan.

Sementara daerah yang diprakirakan cerah, yakni Bandung, Semarang, Surabaya, dan Kupang. Daerah yang diprakirakan berawan, yakni Gorontalo, Jambi, Samarinda, Tarakan, Mataram, Manokwari, dan Kendari.

Daerah yang diprakirakan hujan ringan, yakni Banjarmasin, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Ambon, Makassar, dan Manado. Untuk Mamuju diprakirakan akan mengalami hujan sedang dan Ternate akan mengalami hujan petir.

  

BMKG memperingatkan sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Sementara wilayah yang berpotensi angin kencang adalah Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 

Jakarta Cerah 

BMKG memperkirakan cuaca di Jakarta mayoritas cerah berawan sepanjang hari Jumat 16 Juli. BMKG melalui laman resmi bmkg.go.id di Jakarta, menjelaskan pada pagi hari cuaca seluruh wilayah DKI akan cerah berawan, kecuali Jakarta Barat diperkirakan berawan.

Kemudian pada siang hari, mayoritas langit DKI juga cerah berawan, kecuali di Jakarta Barat dan Jakarta Timur diperkirakan berawan.

Memasuki malam hingga dini hari seluruh wilayah di Jakarta diperkirakan cerah berawan.Suhu udara di DKI Jakarta diperkirakan berada pada kisaran minimum 24 derajat hingga maksimum 33 derajat celsius. Sementara itu, tingkat kelembaban udara di Jakarta diperkirakan berada pada kisaran minimum 55 hingga maksimum 85 persen.

Demikian prakiraan cuaca yang dipublikasikan BMKG untuk hari ini seperti yang dilansir Antara