Jokowi Bersama Menag Yaqut Gelar Doa Bersama: Kita Harus Gotong Royong agar Bebas dari Pandemi COVID-19
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Dok. Setpres)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar doa bersama dengan tajuk #PRAYFROMHOME secara virtual bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, perwakilan kementerian dan lebaga, sejumlah pemuka agama, hingga masyarakat.

Dalam acara ini, Jokowi menyebut saat ini Indonesia dan masyarakat di seluruh dunia masih terus berjuang untuk bebas dari pandemi COVID-19. 

"Penyebaran virus masih terus terjadi, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendirian, semua pihak harus berkolaborasi, bekerjasama saling tolong-menolong, bergotong-royong untuk mengatasi ujian yang maha berat ini," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Minggu, 11 Juli.

Jokowi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memanjatkan doa, meminta pertolongan kepada Tuhan agar seluruh dunia segera dipulihkan dari pandemi COVID-19.

"Selain ikhtiar dengan berbagai usaha lahiriyah, kita juga wajib melakukan ikhtiar batiniah, memanjatkan doa memohon pertolongan Allah Subhanahu Wa Taala agar beban kita diringankan, agar rakyat bangsa dan negara juga dunia segera terbebas dari pandemi," ungkap dia.

Selanjutnya, Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam kepada semua korban pandemi yang telah gugur. Ia mengajak untuk mendoakan mereka yang telah berpulang ke pada Yang Maha Kuasa.

"Kita doakan juga semoga semua saudara dan saudari kita yang terpapar COVID-19 segera diberikan pulih kembali. Dari rumah masing-masing mari kita tundukkan kepala, mengheningkan cipta, doa dari rumah kita panjatkan dan berikhtiar agar ujian pandemi ini segera berakhir," tutur Jokowi.

Sebelum menutup sambutannya, Jokowi meminta semua warga untuk meyakinkan keluarga dan lingkungan terdekat agar beraktivitas di rumah saja.

"Mengatasi persoalan COVID-19 merupakan ijtihad kebangsaan kita hari ini karena bertujuan menyelamatkan jiwa dan kemaslahatan kita bersama. Semoga Tuhan melindungi bangsa Indonesia dan menjadikan bangsa ini aman maju dan sejahtera. Amin," ucap Jokowi menutup doanya.

Selanjutnya, tokoh agama mengucapkan doa satu per satu sesuai agamanya masing-masing. Perwakilan agama tersebut mencakup agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.