Tiga Bulan Mengorbit di Stasiun Luar Angkasa, Astronot China Disuguhi 120 Hidangan Lezat
Dok. Media Pemerintah China - CCTV

Bagikan:

JAKARTA - Selama tiga bulan tinggal di orbit luar angkasa, para astronot China Shenzhou 12 disuguhi sebanyak 120 hidangan lezat yang dibawanya dari bumi. Hidangan tersebut di antaranya berupa daging sapi lada hitam, dan sup. 

Diketahui, astronot China Nie Haisheng, Liu Boming dan Tang Hongbo telah tiba di stasiun ruang angkasa Tianhe pada 17 Juni. Sekarang tentunya mereka sudah dapat menggunakan logistik di atas pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 2 yang diluncurkan pada 29 Mei itu.

Dikutip dari Space, Sabtu 3 Juli, stasiun ruang angkasa itu memiliki 6,8 ton pasokan bahan pangan yang dikirim Tianzhou 2 berisi makanan dan minuman, termasuk teh, jus, dan sup. Terdapat juga pendingin yang berfungsi untuk menyimpan buah-buahan dan sayuran segar.

Kepala pelatih astronot China, Huang Weifen mengatakan biasanya makanan itu memiliki tekstur padat, tanpa tulang, dan disajikan menjadi potongan-potongan kecil untuk memenuhi selera pribadi para astronot.

Makanan itu termasuk saus bawang putih ditambah perisa babi, ayam kung pao, daging sapi lada hitam, acar kubis hingga daging babi suwir.

"Kami juga telah melengkapi stasiun luar angkasa dengan dapur dan microwave, sehingga para astronaut memiliki lebih banyak metode untuk memanaskan makanan daripada sebelumnya," ungkap Huang.

Dari sebuah foto yang beredar, seorang astronot terlihat sedang minum dari kantong kecil di stasiun luar angkasa tersebut. Begitupun dengan astronot Wang Yaping, yang memamerkan berbagai paket makanan di modul lab luar angkasa Tiangong 1.

Menariknya, astronot juga menggunakan bumbu seperti saus babi dan saus lada Sichuan untuk membantu menyesuaikan hilangnya indera perasa sementara selama di luar angkasa.

Sebagai informasi, lebih dari 100 hidangan khusus untuk astronaut telah mengalami perubahan dan terus dikembangkan oleh Negeri Tirai Bambu tersebut selama bertahun-tahun. Hal itu dilakukan untuk mendukung kesuksesan proyek misi panjang mereka.