12 Tenaga Kesehatan dan Pegawai RSUD Batang Positif COVID-19, Belum Terlacak Varian Delta
ILUSTRASI/VOI

Bagikan:

BATANG - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnuhardanto menginformasikan sebanyak 12 tenaga kesehatan dan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Kalisari dinyatakan positif COVID-19.

"Saat ini, 12 orang yang dinyatakan positif COVID-19 menjalani isolasi mandiri," katanya dikutip Antara, Minggu, 20 Juni.

Menurut dia, belasan orang tersebut termasuk orang tanpa gejala (OTG) sehingga mereka menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Sebelumnya, dinkes juga menyebutkan sebanyak 24 tenaga kesehatan Puskesmas Subah, Batang, juga dinyatakan positif COVID-19.

"Hasil pelacakan (tracing) berasal dari salah seorang tenaga kesehatan Puskesmas Subah pergi ke Solo untuk mengantar anaknya," katanya.

Didiet mengatakan saat ini Kabupaten Batang masuk kategori daerah zona oranye sehingga masyarakat diminta meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan dan disiplin menjalankan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Ada pun jumlah kasus positif COVID-19, setiap harinya masih fluktuatif," kata Didiet.

Dia mengatakan saat ini jumlah tempat tidur di rumah sakit yang tersisa sebanyak 14 dari 42 tempat tidur khusus COVID-19 dan ruang I.

"Kendati demikian, dari hasil pelacakan belum ditemukan adanya mutasi COVID-19 varian Delta atau India di daerah ini," katanya.