Jokowi Targetkan 1 Juta Orang Divaksin dalam Sehari, PKB: Belum Cukup, Seharusnya 2 Juta Orang
ILUSTRASI/UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim menilai target vaksinasi COVID-19 satu juta orang per hari masih kurang bila berkaca dari lonjakan kasus COVID-19.

"Target satu juta orang tervaksin setiap hari, menurut saya belum cukup," ujar Luqman kepada wartawan, Jumat, 18 Juni.

Menurutnya, akan lebih baik lagi bila pemerintah meningkatkan daya jangkau vaksinasi kepada masyarakat sebagai upaya serius. Selain kebijakan pengetatan pelaksanaan protokol kesehatan.

Apalagi, kata Luqman, munculnya varian baru COVID-19 yang lebih cepat penularannya. Adapula masalah kejenuhan masyarakat terhadap situasi pandemi.

"Karena itu, menurut saya, akan sangat membantu keadaan jika pemerintah mampu melakukan vaksinasi dua juta orang per hari," tegas Sekretaris Gerakan Sosial dan Bencana DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Luqman menilai, jika vaksinasi dua juta orang perhari ini bisa diterapkan maka total target vaksinasi secara nasional 181 juta orang dua kali dosis suntik akan bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 6 bulan.

"Kalau hanya satu juta tiap hari, dibutuhkan waktu paling cepat satu tahun untuk menyelesaikan vaksinasi COVID-19," katanya.

Sebelumnya, Panglima TNI Hadi Tjahjanto optimistis TNI dan Polri dapat memenuhi target yang dipasang Presiden Jokowi terkait satu juta vaksinasi dalam sehari di bulan Juli 2021.

Dia menyebut, program satu juta vaksinasi per hari ini telah ia laksanakan meski saat ini vaksinasi baru mencapai 700.000.

Meski baru mencapai 700.000 per hari, ia menjelaskan, pihaknya dalam satu hari di satu titik bisa melaksanakan 2.000 vaksinasi.

"Kalau dengan Polri menjadi 4.000 per hari. Sedangkan TNI dan Polri sudah merencanakan vaksinasi di 100 titik di seluruh Indonesia," ujarnya usai tinjau vaksinasi massal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis, 17 Juni.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong percepatan pemberian vaksinasi COVID-19. Dirinya bahkan menargetkan bulan ini vaksinasi bisa diberikan terhadap 700 ribu orang per hari.

"Kita berharap pada bulan ini, bulan Juni, target untuk vaksinasi per hari 700 ribu (dosis, red) itu betul-betul bisa tercapai. Sehingga di bulan Juli kita sudah masuk pada target vaksinasi per hari 1 juta (dosis, red)," kata Jokowi saat memantau pemberian vaksinasi di RSUI Depok yang ditayangkan di Sekretariat Presiden, Rabu, 9 Juni.

Dia berharap pelaksanaan vaksinasi secara massal juga bisa terlaksana dengan baik. Berdasarkan laporan yang diterimanya, di RSUI Depok vaksinasi telah diberikan kepada 1.200 orang yang terdiri dari pendidik, lansia, dan pelayan publik. 

Terkait