Anies Bertandang ke Rumah Ketum PAN Zulkifli Hasan, Padahal Sebelumnya Minta Masyarakat Silaturahmi Daring
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersilaturahmi ke kediaman Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan pada Kamis, 13 Mei kemarin.

Pertemuan ini dilakukan secara terbatas dan Anies tak datang bersama rombongan, melainkan bersama istrinya.

Hal ini disampaikan Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay yang saat itu berada di lokasi yang sama.

"Pak Anies datang, saya kemarin masih di sana. Tetapi karena pertemuannya terbatas, ya, kami tidak ikut nimbrung. Yang ngobrol Bang Zul dan Pak Anies saja. Adapun saya dan teman-teman pulang terlebih dahulu," kata Saleh kepada wartawan, Jumat, 14 Mei.

Dia mengatakan, Anies datang sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu, rumah Zulhas memang didatangi beberapa orang meski telah diumumkan tak ada gelar griya atau open house.

Meski tak tahu apa yang dibahas keduanya, namun, dia melihat Anies dan ketua umumnya itu tampak akrab. "Soal isi pembicaraan, ya, hanya Bang Zul dan Anies yang tahu," tegasnya.

"Dari jauh saya lihat, Bang Zul dan Pak Anies bicara cukup akrab. Konteksnya, lebih banyak pada silaturahmi Idulfitri," imbuh anggota DPR RI Komisi IX tersebut.

Kunjungan Anies ini bertolak belakang dengan pernyataannya sebelumnya. Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagramnya @aniesbaswedan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini meminta masyarakat tak melakukan silaturahmi secara langsung.

Dia meminta, semua pihak tanpa terkecuali harus menahan diri dan menjaga diri tak melakukan mobilitas. Apalagi, saat ini pandemi COVID-19 masih belum berakhir.

"Kita semua menyadari bahwa suasana lebaran pasti menyimpan rasa rindu silahturahmi dengan orang-orang yangg kita cintai, dengan orang tua, dengan keluarga di kampung halaman. Tapi, kita masih dihadapkan dengan situasi dimana kita harus menjaga diri," kata Anies dalam tayangan yang diunggah ke Instagramnya, Kamis, 13 Mei.

Dia pun menyarankan, siapapun yang ingin bersilaturahmi sebaiknya dapat memanfaatkan teknologi yang ada. 

"Demi untuk melindungi orang-orang yang kita sayangi dari keterpaparan COVID-19, karena itulah perayaan ini diharapkan kita semua tetap bersilaturahmi tapi memanfaatkan teknologi mengurangi interaksi langsung yang bersentuhan," ungkapnya.

Anies berharap lebaran tahun ini dapat membawa keberkahan. "Insyaallah kita golongan kemenangan. Benar-benar menang orang-orang yang kedisiplinannya bisa benar-benar menang menghadapi COVID-19," ujarnya.