Bagikan:

JAKARTA - Cuaca di sebagian besar wilayah ibu kota provinsi diprakirakan berawan tebal pada Sabtu, 26 Oktober.

Prakirawan BMKG Maria Klaudiana menyampaikan dimulai dari wilayah Sumatera, cuaca di Kota Pekanbaru umumnya berawan, sementara di Padang dan Banda Aceh diprakirakan berawan tebal.

“Hujan ringan diprakirakan terjadi di Kota Medan, dan hujan sedang di Kota Tanjung Pinang,” katanya mengutip Antara.

Masih di Pulau Sumatera, Kota Medan umumnya udara kabur, sementara Kota Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Lampung umumnya cuaca berawan tebal.

Bergeser ke Pulau Jawa, untuk Kota Jakarta, Semarang, dan Surabaya, umumnya cuaca cerah berawan.

“Sementara Kota Serang, Bandung dan Yogyakarta diprediksi cuaca umumnya berawan,” ucapnya.

Selanjutnya beralih ke Pulau Bali serta Nusa Tenggara, cuaca diprakirakan cerah berawan untuk Kota Denpasar, sedangkan Kupang diprediksi berawan, dan Kota Mataram umumnya berawan tebal.

"Kemudian beralih ke Pulau Kalimantan, cuaca untuk Kota Palangkaraya dan Banjarmasin berawan, Kota Samarinda umumnya berawan tebal, sedangkan di Kota Tanjung Selor dan Pontianak diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan,” ujar dia.

Kemudian beralih ke Pulau Sulawesi, untuk Kota Manado dan Gorontalo umumnya cuaca berawan, Kendari berawan tebal, sedangkan Kota Palu dan Makassar terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan

"Waspadai hujan dengan intensitas lebat di wilayah Kota Mamuju,” tuturnya.

Selanjutnya di wilayah Indonesia bagian Timur, untuk Manokwari umumnya cuaca cerah berawan, Kota Ternate umumnya berawan, sedangkan Ambon dan Merauke umumnya berawan tebal.

"Hujan ringan diprakirakan terjadi di Kota Sorong, Jayapura, dan Jayawijaya, sementara hujan sedang diprakirakan terjadi di Kota Nabire," ucapnya.

Untuk suhu udara, umumnya berkisar antara 16-35 derajat Celcius dengan kelembapan udara berkisar antara 35-98 persen.