Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Lisyto Sigit Prabowo disebut akan memilih anggota Korps Bhayangkara terbaik sebagai calon pengganti Komjen (Purn) Agus Andrianto sebagai Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri).

Agus Andrianto sudah mengundurkan diri sebagai Wakapolri dan kini menjabat sebagai Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

"Pasti akan dipilihkan oleh Bapak Kapolri yang terbaik. Pasti dicari bintang tiga-tiga yang terbaik lainnya untuk menduduki jabatan Wakapolri," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Shandi Nugroho kepada wartawan, Selasa, 22 Oktober.

Mengenai kandidat-kandidat yang akan mengisi jabatan nomor dua di Polri, Shandi menyebut belum mengetahuinya. Sebab, perihal tersebut sepenuhnya kewenangan Kapolri.

Hanya kembali ditegaskan, siapa pun yang nantinya menjabat sebagai Wakapolri merupakan salah satu personel terbaik Korps Bhayangkara.

"Tentunya yang tahu Pak Kapolri. Nanti kita akan komunikasikan sama beliau. Mudah-mudahan sudah ada dan pastinya sudah disiapkan yang terbaik," kata Shandi.

Sebelumnya, Agus Andrianto  mengundurkan diri sebagai anggota Korps Bhayangkara pada 19 Oktober atau dua hari sebelum dilantik Presiden Prabowo Subianto salah satu menteri di Kabinet Merah Putih.

Pemberhentian Agus Andrianto berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 99/Polri/Tahun 2024. Isinya, menyatakan bila Agus Andrianto diberhentikan dengan Hormat sebagai perwira tinggi Polri.