Bagikan:

YOGYAKARTA - Profil Helvi Yuni Moraza menjadi sorotan publik setelah Presiden Prabowo Subiato memberikan amanah kepadanya untuk mengisi posisi Wakil Menteri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam pengumuman Kabinet Merah Putih, Minggu  (20/10/2024). Helvi akan mendampingi Menteri UKM, Mamam Abdurrahman yang juga sudah dilantik oleh Prabowo.

Posisi yang saat ini diisi oleh Helvi merupakan jabatan baru. Sebelumnya di era Jokowi, urusan koperasi dan UKM merupakan sebuah kementerian. Seperti yang diketahui, Helvi menjadi bagian dari salah satu komisaris Independen pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Defend ID, PT Len Industri (Persero) pada tahun 2021-2024.

Presiden Indonesia Prabowo Subianto (DOK Tangkapan layar)

Profil Helvi Yuni Moraza

Helvi Yuni Moraza mengisi posisi komisaris independen BUMN yang bergerak di bidang elektronik pertahanan dan industri tersebut setelah Menteri BUMN, Erick Thohir menunjuknya pada tahun 2021.

Secara akademis, Helvi adalah lulusan Sarjana Ekonomi di Universitas Andalas, Sumatera Barat pada tahun 1991. Sepanjang karier politiknya, Helvi pernah menjalankan tugas sebagai Sekretaris Jenderal DPP Gerindra, Koordinator Wilayah Kabupaten Tangerang.

Karier di Dunia Media

Selain itu, Helvi juga sempat meniti karier di dunia media. Ia mengisi posisi sebagai Redaktur di Majalah Tani Merdeka (DPN HKTI) pada tahun 2010 hingga saat ini.

Helvi juga pernah menjadi Direktur Pemasaran di Majalah Seni Kreatif, Badan Kerjasama Kesenian Indonesia (BKKI). Ia juga menjadi Senior Associate FAS Law Firm sejak 2014 hingga sekarang, serta Direktur Pemasaran Majalah Seni Kreatif di Badan Kerjasama Kesenian Indonesia (BKKI) tahun 1999-2002.

Demikianlah ulasan tentang profil Helvi Yuni Moraza yang baru saja dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Wakil Menteri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam pengumuman Kabinet Merah Putih. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.