Bagikan:

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto telah resmi melantik para menteri kabinetnya di Istana Negara pada Senin, 21 Oktober, pagi ini. Diketahui, ada nomenklatur baru dari kementerian, beberapa di antaranya dipecah dan dibawahi oleh kementerian koordinator.

Misalnya, Menko Hukum dan HAM yang semula Menko Polhukam. Sementara Menkumham dipecah menjadi Menteri Hukum dan Menteri HAM. 

Saat ditanya akan berkantor di mana, Menko Bidang Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra mengatakan, dirinya akan satu kantor dengan Menteri Hukum Supratman Andi Agtas yang sebelumnya merupakan Menteri Hukum dan HAM. 

"Iya nanti berkantor di Rasuna Said di Kemenkumham," ujar Yusril kepda wartawan, Senin, 21 Oktober. 

Menteri Hukum Supratman Andi Agtas menjelaskan, pemecahan Kemenkumham menjadi tiga bagian telah dikoordinasikan dengan baik oleh Menteri Koordinator Bidang Hukum dan HAM, Yusril Ihza Mahendra, bersama para menteri baru.

Oleh karena itu, Politikus Partai Gerindra ini meyakini bahwa transisi pemecahan Kemenkumham menjadi tiga kementerian dapat berjalan dengan lancar.

"Karena Kementerian Hukum dan HAM itu dipecah menjadi tiga Kementerian dan kebetulan Menko-nya adalah Prof Yusril, maka kami sudah berkomunikasi juga dengan semua menteri-menteri baru," tambah Supratman.

Menteri HAM Natalius Pigai menambahkan, setelah pelantikan menteri Kabinet Merah Putih, akan ada agenda pengenalan di Kementerian Hukum dan HAM bersama Menko bidang Hukum, HAM, Imigrasi, dan Permasyarakatan Yusril Ihza Mahendra.

"Nanti akan ada agenda perkenalan ramah tamah, mungkin setelah itu saya akan melakukan langsung kerja," katanya.