Bagikan:

JAKARTA - Istri mendiang Benny Laos, Sherly Tjoanda akan menjalani pemeriksaan kesehatan untuk menjadi calon Gubernur Maluku Utara menggantikan suaminya yang meninggal dunia dalam insiden kebakaran kapal.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut, tes kesehatan akan dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

"Saya dengar hari ini tahap untuk pemeriksaan kesehatan dari rumah sakit RSPAD karena yang bersangkutan ada luka bakar di kaki, tidak bisa dilaksanakan pelaksanaan di RSUD di Ternate," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Oktober.

Sherly diketahui juga menjadi korban ledakan kapal yang ditumpangi Benny. Sherly mengalami luka bakar dan kini kondisinya mulai membaik.

Jika lulus tes kesehatan, maka Sherly bisa menjalani kegiatan kampanye di sisa waktu hingga 23 November 2024.

"Kalau lulus kesehatan, berarti ya ikut tahapan selanjutnya, kampanye," ucap Tito.

Delapan partai politik (parpol) pengusung pasangan calon Gubernur/wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) Benny Laos-Sarbin Sehe resmi mendaftarkan Sherly Tjoanda menggantikan Benny sebagai calon gubernur Malut.

Kedelapan parpol pengusung tersebut yakni DPP Partai Nasdem, PKB, Demokrat, PAN, PPP, Gelora PSI, dan Partai Buruh.

Peristiwa tragis yang merenggut nyawa Benny Laos terjadi pada 12 Oktober 2024, ketika speedboat yang mereka tumpangi terbakar saat mengisi bahan bakar di Pelabuhan Regional Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu.

Benny Laos meninggal dunia di RSUD Bobong, sementara Sherly selamat dalam insiden tersebut.

Benny Laos sebelumnya menjabat sebagai Bupati Morotai (2017-2022) dan merupakan salah satu tokoh populer di Maluku Utara.