Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan nomenklatur sebagian kementerian untuk kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendatang akan diketahui besok, Jumat (11/10).

Hal itu, kata dia, karena hari Jumat tersebut tahap finalisasi komposisi alat kelengkapan dewan (AKD) atau komisi-komisi di DPR RI akan selesai. Sementara itu, komposisi AKD akan secara resmi diumumkan pada tanggal 14 Oktober 2024.

"Mungkin sebagian nomenklatur kementerian sudah, sebagian belum," kata Dasco dikutip ANTARA, Kamis, 10 Oktober. 

Dasco menjelaskan nama-nama terkait dengan komposisi maupun pimpinan komisi bakal muncul dari fraksi-fraksi partai politik di DPR.

Sebagai pimpinan DPR, dia masih menunggu hal tersebut.

Di samping itu, Dasco masih belum bisa memastikan isu bahwa anggota Fraksi Partai Gerindra DPR yang disebut bakal menjadi Ketua Komisi III DPR.

"Saya enggak tahu karena itu 'kan akan keluar dari fraksi," kata dia.

 

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan DPR telah sepakat menambah alat kelengkapan dewan (AKD) untuk menyesuaikan dengan pos-pos kementerian pemerintahan mendatang menjadi 13 komisi dan adanya badan baru yang akan dibentuk.

Pembentukan AKD baru di DPR RI itu dimaksudkan agar kerja-kerja menjadi lebih efektif, menyusul adanya rencana penambahan pos kementerian pada pemerintahan mendatang.

DPR pun berencana mengumumkan jumlah komisi dan badan di DPR pada tanggal 14 Oktober sebelum pelantikan calon presiden dan wakil presiden terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 20 Oktober 2024.