Bagikan:

YOGYAKARTA – Iran serang Israel dengan meluncurkan ratusan rudal ke Israel pada Selasa, 1 Oktober 2024. Alasannya untuk membalas kematian eks pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Pemimpin Hizbullah, dan Komandan Garda Revolusi Iran Brigadir Jenderal Abbas Nilforousahan. Serangan ini dilakukan beberapa jam setelah Israel mengumumkan operasi invasi darat di Lebanon. Alhasil, konflik Iran dan Israel semakin memanas dan berpotensi mengarah ke konfrontasi langsung. Lantas, seperti apa perbandingan kekuatan militer Iran dan Israel? Yuk, cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan Israel

Perbandingan kekuatan militer Iran dan Israel dapat diketahui lewat jumlah prajurit, alutsista (Alat Utama Sistem Pertahanan) darat, dan udara, hingga sistem pertahanan udara.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah perbandingan kekuatan militer Iran dan Israel yang perlu Anda ketahui:

  1. Jumlah prajurit

Iran mempunyai 610.000 prajurit aktif, termasuk di dalamnya angkatan darat, laut, dan udara, Garda Revolusi, dan personel di pertahanan udara. Selain itu, Iran juga mempunyai 350.000 prajurit cadangan angkatan darat, disadur dari laman Al Jazeera.

Sedangkan Iran mempunyai 169.500 prajurit aktif, termasuk angkatan darat, angkatan laut, dan udara. Akan tetapi, personel cadangan Israel jumlahnya mencapai 465.000 personel.

  1. Alutsista angkatan darat

Dari segi alutsista, angkatan darat Iran diperkuat dengan 10.513 tank tempur, 6.798 senjata artileri, 640 kendaraan pengangkut pribadi lapis baja, 50 helikopter, dan Garda Revolusi mempunyai 5 helikopter.

Angkatan darat Israel mempunyai sekitar 400 tank tempur, 530 senjara artileri, dan lebih dari 1.190 pengangkut pribadi.

  1. Alutsista angkatan laut

Angkatan laut Iran memiliki 17 kapal selam taktis, 68 patroli dan kombatan pantai, 7 korvet, 12 kapal pendarat, 11 kapal pendarat, 18 logistik dan peralatan pendukung.

Di lain sisi, angkatan laut Israel hanya diperkuat 5 kapal selam dan 49 patroli dan tempur pesisir.

  1. Alutsista angkatan udara

Menurut Institut Internasional untuk Studi Strategis (ISS), Iran saat ini hanya memiliki belasan jet tempur yang masih berfungsi. Sebagian besar pesawat tempur yang mereka punya kebanyakan merupakan warisan Amerika Serikat dan Rusia. Beberapa jet tempur yang dimiliki Iran saat ini, yakni F-4, F-5, Sukhoi-24, dan sejumlah pesawat MIG-29,F7, dan F14.

Meski begitu, angkatan udara Iran memiliki ribuan pesawat nirawak alias drone yang digunakan untuk menyerang musuh melalui jalur udara, dan 3.500 rudal permukaan-ke-udara.

Sementara angkatan udara Israel memiliki ratusan jet tempur canggih yang dipasok dari Amerika Serikat. Beberapa di antaranya seperti F-15, F-16, dan F-35.

  1. Sistem pertahanan udara

Disadur dari Defense Security Asia, Iran memiliki sebuah sistem pertahanan udara yang disebut Zoubin, yang secara efektif dapat menghalau drone hingga rudal jelajah yang memasuki negara itu.

Sementara itu, pertahanan udara Israel mengandalkan sistem Iron Dome, yang diyakini telah mencegat sebagian besa rural Iran pada serangan 1 Oktober silam.

Demikian informasi tentang perbandingan kekuatan militer Iran dan Israel. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.