Bagikan:

JAKARTA – Gelaran konser musik dalam perayaan puncak HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Monumen Nasional (Monas) hari ini bukan sekadar hiburan biasa. Kehadiran band legendaris seperti Dewa 19 dan Slank menarik ribuan masyarakat, membuat suasana semakin riuh dan penuh tantangan.

Contohnya Ratih (15), remaja yang datang bersama empat temannya, perjalanan menuju panggung hiburan ini tak mudah. Mereka harus berjuang keras melawan desakan ribuan orang yang juga ingin menyaksikan aksi panggung idola mereka.

Remaja ini bercerita, ia sempat mencoba masuk dari pintu yang berada dekat Patung Kuda. Tapi, usahanya sia-sia.

"Tadi coba masuk lewat pintu Patung Kuda tapi nggak bisa. Rame banget soalnya," ujar Ratih, Sabtu, 5 Oktober.

Tak hanya padatnya pengunjung, terik matahari pun menambah berat perjuangan. Ratih akhirnya harus memutar menuju pintu IRTI demi bisa masuk ke kawasan Monas.

9

Tak jauh berbeda, pengunjung lainnya bernama Rahmat mengalami hal serupa. Ia mesti memutar melalui pintu IRTI untuk masuk ke dalam kawasan Monas.

"Iya mau nggak mau lewat sini, yang penting bisa masuk," ucap Rahmat.

Pria 25 tahun ini rela bermandi sinar matahari yang menyengat dan menempuh jarak yang jauh hanya untuk menyaksikan band favoritnya, Dewa 19.

Jalan memutar itu cukup jauh. Sekitar 200 meter dari pintu patung kuda. Ditambah 500 meter lagi untuk sampai di titik panggung.

Perjuangan itu disebut cukup terbayar ketika menyaksikan secara langsung kelompok musik kesukaannya.

"Ya tak apa lah, panas jauh tapi bisa nonton langsung," kata Rahmat.

Sebagai informasi, bentuk panggung di HUT TNI ke-79 menyerupai burung Garuda layaknya Istana Ibu Kota Nusantara (IKN).