Bagikan:

JAKARTA - Claudia Sheinbaum bersumpah untuk mendukung hak-hak perempuan dan memastikan kekuatan ekonomi nomor dua di Amerika Latin tetap menjadi tujuan yang aman bagi investasi internasional, usai dilantik sebagai presiden perempuan pertama Meksiko pada Hari Selasa.

Ilmuwan sekaligus mantan Wali Kota Mexico City berusia 62 tahun tersebut mengambil sumpah jabatan dan menerima selempang presiden dalam sebuah upacara yang meriah di Kongres Meksiko, menandai dimulainya masa jabatan selama enam tahun.

"Sudah saatnya untuk transformasi, sudah saatnya untuk perempuan," katanya, melansir Reuters 2 Oktober.

"Saya seorang ibu, seorang nenek, seorang ilmuwan dan seorang wanita yang beriman, dan mulai hari ini, atas keinginan rakyat Meksiko, saya adalah presiden," lanjutnya.

Presiden Sheinbaum menggunakan pidato pertamanya sebagai kepala negara untuk menanggapi kekhawatiran investor setelah disahkannya reformasi peradilan yang didorong oleh pendahulunya, Andres Manuel Lopez Obrador.

pelantikan presiden meksiko
Pelantikan Presiden Meksiko Claudia Sheinbaum. (Instagram/@claudia_shein)

Ia menegaskan kembali, bank sentral akan bersifat otonom dan memberi tahu investor: "Yakinlah bahwa investasi pemegang saham nasional dan asing akan aman di negara kita."

Pemerintah Sheinbaum akan menyampaikan anggaran pertamanya sebelum tanggal 15 November, yang diharapkan akan diteliti secara ketat untuk mendapatkan petunjuk apakah ia akan memenuhi komitmen untuk mengurangi defisit fiskal menjadi 3,5 persen dari produk domestik bruto dari 5,9 persen, yang diperkirakan akan terjadi pada akhir tahun.

Dalam pidatonya di alun-alun bersejarah Zocalo di ibu kota, ia menyampaikan 100 janji, mulai dari memperluas layanan kesehatan dan pendidikan publik hingga membangun 1 juta rumah baru, membatasi harga barang-barang utama dan mengirimkan paket reformasi kepada Kongres untuk memerangi kekerasan dan diskriminasi gender.

pelantikan presiden meksiko
Pelantikan Presiden Meksiko Claudia Sheinbaum. (Instagram/@claudia_shein)

Presiden Sheinbaum mengatakan, ia akan mengungkap paket tersebut pada Hari Kamis, mengatakan itu akan mencakup usulan perubahan konstitusi dan berupaya mengurangi impunitas, serta melindungi perempuan di negara yang mencatat beberapa tingkat pembunuhan terhadap perempuan tertinggi di dunia.

"Panduan kita adalah kebahagiaan dan kesejahteraan rakyat," katanya.

"Saya berjanji kepada Anda untuk terus mengukir sejarah," tandasnya.

Namun, Presiden Sheinbaum, yang telah menjanjikan "kontinuitas dengan perubahan," akan mewarisi defisit anggaran terbesar sejak 1980-an dan pertumbuhan ekonomi yang lambat.

Baru-baru ini, bank sentral memangkas perkiraan pertumbuhan PDB untuk tahun ini menjadi 1,5 persen dari sebelumnya 2,4 persen dan menurunkan estimasi untuk tahun 2025 menjadi 1,2 persen.

Nearshoring, tren perusahaan yang memindahkan produksi lebih dekat ke pasar utama mereka, telah membantu Meksiko menarik investasi. Tetapi, Presiden Sheinbaum akan menghadapi tantangan untuk meningkatkan investasi asing sambil menerapkan reformasi peradilan.

Reformasi peradilan, yang mana hakim akan dipilih melalui pemungutan suara umum, telah membuat takut investor.

"Saya akan memerintah untuk semua orang dan yakinlah saya akan mengabdikan pengetahuan, kekuatan, sejarah, dan hidup saya untuk melayani rakyat dan negara," kata Presiden Sheinbaum.