Bagikan:

JAKARTA - Israel melakukan operasi darat di Lebanon selatan yang menargetkan Hizbullah. Para pejabat Israel mengatakan tidak akan ada pendudukan jangka panjang” di Lebanon tetapi menolak memberikan batas waktunya.

Serangan darat terjadi setelah berjam-jam serangan Israel dan tembakan artileri melintasi perbatasan.

Berikut rangkuman peristiwa dilansir CNN, Selasa, 1 Oktober.

• Korban massal: Dilaporkan 95 orang tewas dalam serangan Israel, sehingga menambah jumlah korban tewas lebih dari 1.000 orang sejak Senin pekan lalu.

Satu juta orang di Lebanon telah mengungsi akibat pertempuran tersebut, kata perdana menteri.

• Tentara Lebanon mundur: Tentara Lebanon mengevakuasi pos pengamatan di perbatasan selatan dengan Israel dan pindah ke barak sebagai persiapan untuk serangan darat, kata sumber keamanan kepada CNN.

• Israel menentang AS: Gedung Putih mengatakan mereka menilai operasi darat Israel sejalan dengan hak negara tersebut untuk mempertahankan diri dari ancaman kelompok teror, namun memperingatkan akan adanya risiko.

Peningkatan perang Israel dengan Hizbullah menentang tekanan dari AS, penyedia utama senjatanya. Bom seberat 2.000 pon yang dipasok AS kemungkinan besar digunakan dalam serangan Israel yang menewaskan pemimpin Hizbullah pada Jumat pekan lalu. Presiden AS Joe Biden sekali lagi menyerukan gencatan senjata.

• PBB menentang serangan darat: “Kita semua tahu kehancuran yang akan ditimbulkan oleh perang besar-besaran, perang darat di Lebanon terhadap rakyat Israel dan rakyat Lebanon,” kata juru bicara Sekjen PBB pada Senin, 30 September.

• Serangan terhadap Damaskus: Serangan Israel telah menewaskan seorang pembawa acara televisi terkenal dan dua orang lainnya, kantor berita negara SANA melaporkan. Israel telah melancarkan serangan udara di Suriah sejak 7 Oktober.

• Pasukan AS: Pasukan AS dalam jumlah yang tidak ditentukan telah disiapkan untuk mengerahkan perintah ke Timur Tengah, kata Pentagon pada Senin.

• Evakuasi internasional: Berbagai negara termasuk Inggris dan Jerman telah mengorganisir warganya untuk mengevakuasi Lebanon.

• Pertempuran Israel yang luas: Israel telah menyerang kamp pengungsi dan sekolah yang menampung pengungsi Palestina semalaman di Gaza, dimana Israel terus melanjutkan perangnya melawan Hamas.