Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berlayar menumpang KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat dari Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta.

Pelayaran itu selama kurang lebih 2 jam mengarungi laut lepas setelah Jokowi menerima Brevet Hiu Kencana yang disematkan langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Selama pelayaran, Jokowi berdialog dengan keluarga prajurit TNI Angkatan Laut.

Presiden juga menyaksikan sail pass berupa aksi yang ditunjukkan prajurit TNI AL di laut lepas dengan menampilkan sejumlah armada laut dan udara yang menjadi kekuatan TNI AL.

Joko Widodo tampak tersenyum bangga atas aksi-aksi yang ditampilkan prajurit TNI AL.

Kapal-kapal yang ditumpangi prajurit TNI AL lantas menembakkan peluru kosong. Tampak juga helikopter TNI AL melakukan aksi pendaratan di atas kapal hingga prajurit TNI AL terjun dari atas pesawat ke tengah laut menggunakan parasut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerima penyematan Brevet Hiu Kencana yang sekaligus menandai momen pengangkatan Jokowi sebagai warga kehormatan TNI Angkatan Laut.

Brevet Hiu Kencana disematkan langsung Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kepada Presiden Joko Widodo di bagian dada sebelah kanan yang berlangsung di atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW-992).

Selain Prabowo Subianto, tampak mendampingi Presiden, yakni Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, dan Pj. Gubernur DKI Heru Budi Hartono.