Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Lebanon mengatakan hampir 500 orang tewas dan puluhan ribu lainnya mengungsi untuk menyelamatkan diri, saat militer Israel mengatakan pihaknya melancarkan serangan udara terhadap posisi Hizbullah di negara itu pada Hari Senin.

Setelah beberapa baku tembak lintas batas terberat sejak konflik pecah pada Bulan Oktober, Israel memperingatkan orang-orang di Lebanon untuk mengungsi dari daerah-daerah yang katanya gerakan bersenjata itu menyimpan senjata.

Hampir setahun berperang melawan Hamas di Gaza di perbatasan selatannya, Israel mengalihkan fokusnya ke perbatasan utara, tempat Hizbullah yang didukung Iran telah menembakkan roket ke Israel untuk mendukung Hamas, yang juga didukung oleh Iran.

Militer Israel mengatakan pihaknya menyerang Hizbullah di Lebanon selatan, timur, dan utara, termasuk "peluncur, pos komando, dan infrastruktur teroris." Angkatan Udara Israel menyerang sekitar 1.600 target Hizbullah di Lebanon selatan dan Lembah Bekaa, katanya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengirim pernyataan video singkat yang ditujukan kepada rakyat Lebanon.

"Perang Israel bukan dengan Anda, tetapi dengan Hizbullah. Sudah terlalu lama Hizbullah menggunakan Anda sebagai tameng manusia," katanya, melansir Reuters 24 September.

Sedangkan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan, Senin menandai "puncak signifikan" dalam konflik yang berlangsung hampir setahun itu.

"Pada hari ini kami telah melumpuhkan puluhan ribu roket dan amunisi presisi. Apa yang telah dibangun Hizbullah selama 20 tahun sejak Perang Lebanon kedua sebenarnya sedang dihancurkan oleh IDF," katanya dalam sebuah pernyataan, mengacu pada Israel Defense Forces.

Pada Senin malam, Israel melancarkan serangan di pinggiran selatan Beirut yang ditujukan pada pemimpin senior Hizbullah Ali Karaki, kepala front selatan. Hizbullah kemudian mengatakan bahwa ia aman dan telah pindah ke lokasi yang aman.

Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan Israel telah mengenai rudal jelajah jarak jauh, roket kelas berat, roket jarak pendek, dan pesawat tanpa awak peledak.

Sementara itu, Nasser Yassin, menteri Lebanon yang mengoordinasikan respons krisis mengatakan kepada Reuters, 89 tempat penampungan sementara di sekolah dan fasilitas lainnya telah diaktifkan, dengan kapasitas lebih dari 26.000 orang saat warga sipil melarikan diri dari "kekejaman Israel".

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan sedikitnya 492 orang tewas, termasuk 35 anak-anak, dan 1.645 orang terluka. Seorang pejabat Lebanon mengatakan itu adalah jumlah korban tewas harian tertinggi di Lebanon akibat kekerasan sejak perang saudara 1975-1990.

Keluarga-keluarga dari Lebanon selatan memuat mobil, van dan truk dengan barang-barang dan orang-orang, terkadang beberapa generasi dalam satu kendaraan. Saat bom berjatuhan, anak-anak berdesakan di pangkuan orang tua dan koper-koper diikat ke atap mobil. Itu menyebabkan jalan raya di utara macet total.

"Saya ambil semua dokumen penting dan kami keluar. Pemogokan terjadi di sekeliling kami. Itu mengerikan," kata Abed Afou, yang bersama keluarganya, termasuk tiga putra berusia 6 hingga 13 tahun dan beberapa kerabat lainnya. Mereka terjebak dalam kemacetan saat jalan merayap ke utara.

Mereka tidak tahu di mana mereka akan tinggal, katanya, tetapi hanya ingin mencapai Beirut.

Beberapa orang melarikan diri dengan berjalan kaki. Orang-orang yang membawa bungkusan kecil barang-barang berjalan ke utara di pantai dekat kota Tyre di Lebanon.

Sebagai tanggapan, Hizbullah mengatakan telah meluncurkan puluhan rudal ke pangkalan militer di Israel utara.

Sirene peringatan tembakan roket Hizbullah dibunyikan di Israel utara, termasuk di kota pelabuhan Haifa, dan di bagian utara Tepi Barat yang diduduki, kata militer.

Sekitar 60.000 orang telah dievakuasi dari Israel utara karena pertempuran lintas perbatasan. Gallant mengatakan operasi itu akan terus berlanjut hingga penduduk kembali ke rumah mereka. Hizbullah sendiri telah bersumpah untuk bertempur hingga ada gencatan senjata di Gaza.

Pertempuran itu telah menimbulkan kekhawatiran Amerika Serikat, sekutu dekat Israel, dan Iran akan terseret ke dalam perang yang lebih luas.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan Amerika Serikat tidak mendukung eskalasi lintas batas antara Israel dan Hizbullah, bahwa Washington akan membahas "gagasan konkret" dengan sekutu dan mitra untuk mencegah meluasnya perang.

Pejabat Israel sendiri mengatakan peningkatan serangan udara baru-baru ini terhadap target Hizbullah di Lebanon dirancang untuk memaksa kelompok yang berpihak pada Iran itu untuk menyetujui solusi diplomatik.