Bagikan:

YOGYAKARTA - Kabar duka dari pendiri dan mantan CEO Marvell Technology, Sehat Sutardja. Salah satu sosok penting di dunia teknologi dan bisnis ini meninggal dunia di usia 63 tahun. Kepergiannya pantas dikenang mengingat dirinya punya peran signifikan dalam revolusi semikonduktor modern. Sebagai orang kelahiran Indonesia, sangat penting mengenal Sehat Sutardja.

Sosok Sehat Sutardja dikenal sebagai seorang visioner yang mengantarkan Marvell Technology berkembang menjadi salah satu perusahaan kenamaan di industri semikonduktor. Dia sukses menghadirkan strategi dan inovasi yang mempengaruhi lanskap teknologi global. 

Sehat Sutardja tidak hanya dikagumi karena leadership dan inovasi yang dimunculnya, namun dirinya juga dikenang akan dedikasinya dalam memajukan teknologi semikonduktor. Mari kita mengenal Sehat Sutardja lebih jauh lagi, seperti apa sepak terjang dan kontribusinya selama ini. .

Profil Sehat Sutardja 

Sehat Sutardja lahir di Jakarta pada tahun 1961. Ia terlahir dari keluarga Tionghoa-Indonesia. Sejak kecil, dirinya sudah menunjukkan minat besar dan bakat luar biasa di bidang teknologi yang kemudian mengantarkannya meraih kesuksesan di luar negeri.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Kolese Kanisius Jakarta pada tahun 1980, Sehat Sutardja melanjutkan studi ke Amerika Serikat. Ia mendapatkan gelar sarjana Teknik Elektro dari Iowa State University pada tahun 1983.

Kemudian, Sutardja melanjutkan pendidikannya di University of California, Berkeley. Sehat Sutardja memperoleh gelar Master dan Doktor dalam Teknik Elektro dan Ilmu Komputer pada tahun 1988.

Sehat Sutardja kemudian memulai karier di bidang teknologi setelah menyelesaikan pendidikannya di Iowa State University. Dari kampus ini, dirinya berhasil meraih gelar Bachelor of Science dalam Teknik Elektro.

Sebelum mendirikan Marvell Technology Group pada tahun 1995, Sehat Sutardja mendapatkan pengalaman berharga melalui pekerjaannya di Micro Linear Corp. dan Integrated Information Technology. Ia menjabat sebagai manajer proyek dan pemimpin teknis antara tahun 1989 dan 1995.

Pengalaman yang diperolehnya di kedua perusahaan ini memberinya wawasan mendalam mengenai industri semikonduktor, serta mengasah keterampilan teknis dan kepemimpinannya. Dengan pengetahuan dan pengalaman tersebut, Sutardja bersama istrinya dan saudaranya mendirikan Marvell Technology. 

Berbekal latar belakang yang kuat dan visi yang jelas, Sutardja bertekad mengubah dunia teknologi semikonduktor, Sehat Sutardja mampu membangun Marvell menjadi salah satu perusahaan terkemuka di industri ini.

Sehat Sutardja juga pernah menjadi direktur eksekutif di Alphawave IP Group. Setelah meninggal, posisinya akan diisi sementara oleh istrinya, Weili Dai, sebagai direktur eksekutif.

Profil Marvell Technology dan perkembangannya 

Marvell Technology Group, yang didirikan pada tahun 1995 oleh Sehat Sutardja, Weili Dai, dan Pantas Sutardja. Perusahaan ini bergerak di bidang semikonduktor fabless (tidak memiliki fasilitas produksi) yang berlokasi di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat.

Sejak awal, Marvell berfokus pada pengembangan produk semikonduktor mutakhir yang digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti penyimpanan data, komunikasi, dan jaringan. Perusahaan ini berfokus pada desain dan pengembangan produk semikonduktor, sementara proses produksi chip dilakukan oleh mitra manufaktur mereka.

Kekayaan Sehat Sutardja 

Jumlah kekayaan bersih Sehat Sutardja diperkirakan mencapai sekitar 3,5 miliar dolar AS, berdasarkan catatan hingga September 2024. Total kekayaannya tersebut setara dengan sekitar Rp53,2 triliun (kurs Rp 15.191). Sebagian besar kekayaannya berasal dari kepemilikannya di Marvell Technology Inc., di mana ia memiliki sekitar 10 persen saham perusahaan.

Kekayaannya telah meningkat secara signifikan, dari 1,1 miliar dolar AS pada tahun 2023 menjadi 3,5 miliar dolar AS pada tahun 2024. Kenaikan ini didorong oleh kinerja perusahaan dan peningkatan nilai saham. Sehat Sutardja berada di peringkat ke-2332 sebagai orang terkaya di dunia dan menempati posisi ke-682 di Amerika Serikat dalam daftar miliarder.

Demikianlah ulasan mengenal Sehat Sutardja pendiri dan mantan CEO Marvell Technology. Sosok Sehat Sutardja dikenang oleh dunia akan kesuksesannya di bidang teknologi dan bisnis global. Baca juga mengenal sosok konglomerat termuda Indonesia

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.