Bagikan:

JAKARTA - Mantan Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno mengucapkan selamat kepada para calon gubernur Jakarta yang akan bertarung di Pilkada 2024.

Sandiaga berpesan agar para cagub tidak hanya memikirkan soal banjir dan kemacetan sebagai maslaah utama Jakarta, tapi juga harus memberi perhatian pada biaya hidup masyarakat Jakarta yang kian mahal. 

"Saya ucapkan selamat kepada para calon kepala daerah provinsi DKJ sekarang, Daerah Khusus Jakarta. Dan ini sangat baik karena transisi dari Ibukota menjadi kota global berdaya saing internasional," ujar Sandiaga di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 6 September. 

"Dua hal utama menurut saya yang menjadi fokus. Biasanya kan pemikirannya itu mengatasi banjir dan kemacetan. Tapi yang jangan sampai terlupakan adalah bagaimana biaya hidup masyarakat di Jakarta ini semakin mahal," sambung Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf) itu. 

Menurut Sandiaga, biaya kesehatan, biaya pendidikan, biaya transportasi, maupun biaya belanja sehari-hari dan harga-harga pangan di Jakarta telah meningkat secara signifikan. 

Karena itu, Sandi menilai, para cagub dan cawagub Jakarta juga harus menciptakan lapangan pekerjaan di kota yang bakal menyandang status Pusat ekonomi ini. 

"Dan kedua, lapangan kerja. Karena ini kan ibukota pindah, saya mengharapkan ada penekanan-penekanan khusus juga kepada penciptaan lapangan kerja dan itu harusnya adalah pemberdayaan UMKM. Karena UMKM itu menciptakan 97 persen lapangan kerja kita," kata pencetus jargon Oke Oce itu. 

Meski begitu, politisi PPP itu yakin para cagub yakni Ridwan Kamil, Pramono Anung dan Dharma Pongrekun bisa beradu gagasan dan mengambil hati warga Jakarta.

"Tapi saya optimis para calon ini nanti akan beradu gagasan dan mencoba memenangkan hati dan pikiran dari warga masyarakat Jakarta," pungkas Sandiaga.