Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan dua laporan dari masyarakat terkait Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep masuk tahap telaah. Proses ini yang bakal menentukan lanjut tidaknya aduan ke tahap berikutnya.

“Sudah masuk di tahap penelaahan. Jadi, di sini akan dilihat kelengkapan dokumen pendukungnya maupun hal-hal yang bisa menjadikan pelaporan tersebut untuk bisa ditindaklanjuti ke tahap berikutnya,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan yang dikutip Rabu, 4 September.

“Kalau seandainya nanti memang ada kekurangan tentunya akan dimintakan kepada pelapor untuk bisa melengkapi lagi. Sementara posisinya seperti itu,” sambungnya.

Dia memastikan tiap laporan masyarakat yang masuk ke bagian pengaduan bakal ditindaklanjuti. Prosesnya pun tak akan dibedakan satu dengan yang lain.

“Jadi, setiap warga negara di Indonesia ini tidak ada yang dibeda-bedakan. Bila alat buktinya lengkap maka dapat ditindaklanjuti. Bila masih kurang tentunya bisa dikoordinasikan dari pihak penerima laporan kepada pihak pelapor,” ujar juru bicara berlatar belakang penyidik itu.

Adapun dua laporan yang masuk dan disebut Tessa yakni dari Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun. Keduanya sama-sama melaporkan penggunaan pesawat jet oleh anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut saat plesiran ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono.

Dalam laporannya, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyampaikan sebuah MoU kerja sama antara Pemkot Solo dengan PT Shopee Indonesia Internasional terkait pengembangan UMKM. Ia menduga pesawat jet yang digunakan Kaesang dan istrinya difasilitasi oleh perusahaan tersebut.

Sementara dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubaidillah Badrun melaporkan gaya hidup mewah Kaesang bersama istrinya yang menggunakan private jet ke Amerika Serikat.

Diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep yang merupakan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Erina Gudono jadi sorotan gara-gara naik pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat. Selain itu, menantu Jokowi tersebut juga mengunggah gaya hidup mewah seperti makan roti Rp400 ribu hingga beli stroller bayi seharga puluhan juta saat di AS.